Rabu 15 Dec 2021 12:27 WIB

Bernostalgia dengan Fitur On This Day Instagram

On This Day mengajak pengguna Instagram mengingat kembali peristiwa di hari tersebut.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Instagram. Fitur On This Day di Instagram mengajak pengguna Instagram mengingat kembali peristiwa di hari tersebut.
Foto: EPA
Instagram. Fitur On This Day di Instagram mengajak pengguna Instagram mengingat kembali peristiwa di hari tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menjelang akhir tahun akan membawa nostalgia dan keinginan untuk melihat ke belakang melihat apa yang sudah dilalui. Untuk membantu pengguna bernostalgia, Instagram telah merilis fitur bernama On This Day.

Fitur tersebut memungkinkan Anda berbagi sorotan tentang Anda di masa lalu dengan siapa pun yang melihat Stories Anda. Anda dapat mengakses fitur ini langsung dari platform Stories atau dapat menemukan momen yang lebih spesifik dengan menyelami arsip Anda. Berikut dua metode yang bisa Anda lakukan untuk mengakses fitur On This Day, seperti dilansir Popular Science, Selasa (14/12):

Baca Juga

Metode 1: Akses On This Day lewat Stories

Anda bisa mengetuk tombol plus di bagian atas umpan Instagram dan pilih “Stories” atau Cerita. Instagram akan membuka kamera perangkat Anda dan di menu di sebelah kiri, ketuk “Create” atau Buat.

Di bagian bawah layar, tepat di tempat biasanya tombol rana kamera berada, geser tombol Buat atau Aa ke kiri untuk menampilkan lebih banyak format Stories. On This Day berada pada urutan kelima yang menampilkan ikon dengan jam dan panah berlawanan arah jarum jam.

Saat Anda memilih format ini, Instagram akan menampilkan sesuatu yang diunggah pada hari yang sama dengan tanggal saat ini, mungkin dari tiga, lima, atau berapa pun tahun yang lalu. Jika Anda memiliki lebih dari satu pos yang memenuhi kriteria, Anda dapat melihatnya dengan mengetuk dua tombol mati di bagian atas layar Anda.

Saat melakukannya, Anda akan melihat lebih dari sekadar pos, Anda juga akan melihat apakah Anda merayakan pergantian pengikut, ketika Anda dan orang lain saling mengikuti satu sama lain.

Untuk menyelesaikan, ketuk tombol On This Day lagi dan lakukan pengeditan apa pun yang ingin Anda lakukan agar Story Anda terlihat keren. Setelah itu, Anda dapat membagikannya sebagai cerita atau mengirimkannya sebagai pesan langsung ke seseorang di aplikasi.

Metode 2: Lihat kembali dari arsip Anda

Jika Anda ingin memiliki kontrol lebih besar atas kenangan apa yang Anda bagikan di Stories Anda, Anda dapat memeriksa hampir semua yang telah Anda posting dengan mengunjungi arsip Anda. Untuk mengaksesnya, buka profil Instagram Anda, ketuk tombol menu utama berupa tiga garis di sudut kanan atas layar Anda, dan pilih “Archive” atau Arsip.

Di sana, Anda akan melihat memori On This Day dengan ketuk “Share” atau Bagikan untuk membawa Anda langsung ke platform pengeditan Cerita dan lanjutkan seperti yang Anda lakukan dengan Cerita lainnya. Anda juga dapat menggulir ke bawah dan mendapatkan nostalgia lain dengan melihat hampir setiap Story yang Anda unggah kembali ke paruh pertama tahun 2018 tetapi tanggal pastinya bervariasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement