Clock Magic Wand Quran Compass Menu

Polres Ciamis Siapkan Gerai Vaksinasi dan Rapid Test

Setiap wisatawan Pangandaran wajib menunjukkan bukti telah divaksinasi.

Rep: Bayu Adji P
Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata (kiri) dan Kapolres Ciamis, AKBP Donny Eka Putra (kanan) menyisir kawasan Pantai Pangandaran untuk memberikan imbauan penerapan protokol kesehatan teehadap para wisatawan.
dok polres ciamis Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata (kiri) dan Kapolres Ciamis, AKBP Donny Eka Putra (kanan) menyisir kawasan Pantai Pangandaran untuk memberikan imbauan penerapan protokol kesehatan teehadap para wisatawan.

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS – Polres Ciamis menyediakan gerai vaksinasi bagi wisatawan yang diketahui belum divaksin Covid-19. Tidak hanya itu, di posko check point Polres Ciamis juga, disiapkan layana rapid test gratis.

Layanan vaksinasi dan rapis test itu menjadi kelengkapan pada posko check point yang didirikan sejak awal Desember 2021. Keberadaan posko itu ditujukan untuk memerika kendaraan yang hendak berwisata ke Pangandaran.

Kelima posko check point itu itu terletak di Cihaurbeuti, eks Jembatan Timbang, perbatasan Banjar (Ciamis), Kalipucang, dan pintu masuk Pantai Pangandaran (Pangandaran). Melalui lima check point itu akan diberlakukan syarat vaksinasi bagi wisatawan melalui aplikasi PeduliLindungi.

Kepala Satuan (Kasat) Lalu Lintas (Lantas) Polres Ciamis AKP Zanuar Cahyo Wibowo mengatakan, lima check point itu telah dioperasikan per awal Desember 2021. Untuk tahap awal ini, posko hanya beroperasi pada akhir pekan.

Sebab, kata Zanuar, fokus utama dari check point itu adalah untuk memeriksa kelengkapan syarat wisatawan. ‘’Jumat-Sabtu di Ciamis dan Sabtu-Ahad di Pangandaran. Jadi para wisatawan yang ingin ke Pangandaran akan diperiksa apakah sudah vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi,’’ ujarnya saat dihubungi Republika, Kamis (2/12).

Ia menjelaskan, di check point itu, petugas akan memeriksa status vaksinasi Covid-19 para pengendara yang melintas melalui aplikasi maupun secara manual. Bagi pengendara yang belum menjalani vaksinasi, petugas menyediakan gerai vaksin di posko pemeriksaan itu.

Pada momen Natal dan tahun baru (Nataru), sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan, akan dilaksanakan pemeriksaan bukti tes antigen atau PCR. ‘'Kami akan sediakan layanan rapid test gratis bersama dinas kesehatan,’’ ujar dia.

Pihaknya mendirikan posko pemeriksaan ini untuk melakukan edukasi kepada wisatawan yang hendak berkunjung ke Pangandaran. Sebab, tutur Zanuar, Kabupaten Pangandaran saat ini sudah menerapkan PPKM Level 1, yang berarti kasus Covid-19 di daerah itu sudah terkendali.

Sponsored
Sponsored Ads

 

Berita Terkait

Berita Terkait

Rekomendasi

Republika TV

>

Terpopuler

>