Senin 22 Nov 2021 19:06 WIB

Naskah Langka Milik Einstein Terjual Hingga Puluhan Miliar

Naskah kuno Einstein terjual sekitar Rp 32 sampai 48 miliar.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Albert Einstein
Foto: ist
Albert Einstein

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah manuskrip atau naskah langka karya ilmuwan Albert Einstein terjual dalam pelelangan di Ibu Kota Paris, Prancis pada pekan lalu. 

Naskah tersebut berisi pekerjaan persiapan untuk teori relativitas yang dikenal sebagai karya kunci dari Einstein. Ini terjual antara dua hingga tiga juta Euro atau sekitar 32-48 miliar rupiah. 

Baca Juga

“Tidak diragukan lagi ini adalah manuskrip Einstein paling berharga yang pernah dilelang,” ujar pernyataan dari Christie yang menjadi tuan rumah penjualan dari rumah lelang Aguttes, dilansir Phys, Senin (22/11). 

Naskah yang berbentuk dokumen setebal 54 halaman ditulis tangan pada 1913 dan 1914 di Zurich, Swiss oleh Einstein bersama dengan rekannya bernama Michele Besso. Menurut Christie, manuskrip disimpan oleh Besso yang ditujukan menjadi bekal untuk anak cucu di masa depan. 

Makalah tersebut menunjukkan apa saja yang ada dalam pikiran Einstein. Ilmuwan terbesar pada abad ke-20 itu meninggal pada 1955 di usia 76 tahun. Einstein dikenal dengan teori relativitas dan memberi kontribusi besar pada teori mekanika kuantum. 

Fisikawan kelahiran Jerman itu meraih hadiah Nobel Fiska pada 1921. Einstein juga dikenal sebagai ikon ilmuwan jenius, dengan perawakan yang ikonik, seperti kumis dan alis yang legat, hingga rambut yang unik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement