Sabtu 21 Aug 2021 09:01 WIB

Sandiaga Uno Apresiasi Cara Ini untuk Bantu Pekerja Seni

Sandiaga Uno apresiasi penggalangan solidaritas untuk pekerja seni di masa pandemi.

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno

VIVA – Industri hiburan dan pekerja seni Tanah Air jadi salah satu yang terdampak paling keras oleh pandemi Covid-19. Banyak pekerja di belakang atau atas panggung yang harus kehilangan penghasilan semenjak Covid-19 masuk ke Indonesia.

Maka berbagai gerakan mulai tumbuh untuk mengulurkan tangan kepada mereka yang terdampak. Ada satu gerakan yang diapresiasi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Menurut Sandiaga, pada 2019 sektor industri kreatif menyerap sekitar 17 juta tenaga kerja dan memberi kontribusi ekonomi sekitar Rp 1.105 triliun terhadap PDB Indonesia. Sebagian dari angka kinerja tersebut disumbang oleh sektor industri hiburan. Angka tersebut tentu terkoreksi setelah pandemi.

Salah satunya terlihat dari peluang pekerjaan dan penyerapan tenaga kerja. Sandiaga mengapresiasi para pelaku industri hiburan yang terus berkreasi, melahirkan karya-karya terbaik, melahirkan talenta cemerlang di tengah situasi sulit ini.

Untuk menggalang solidaritas bagi pekerja dunia hiburan, platform Eventori bekerja sama dengan Ikatan Manajer Artis Indonesia (IMARINDO) menggagas gerakan #CintaKitaBersama. Cara berpartisipasinya pun sederhana, dengan menonton video musik Kita Bersama yang dibawakan Cinta Wirawan.

"Ide awalnya datang dari Cinta. Dia talent Eventori yang tinggal di Bali. Dia sedih dan resah melihat Pulau Dewata yang sepi akibat pandemi. Dia melihat sendiri ayahnya, seorang wedding organizer yang sepi job dan harus berjuang dengan segala cara untuk mempertahankan kondisi ekonomi keluarga," lata CEO Eventori, Rio Abdurrachman saat jumpa pers secara virtual baru-baru ini.

Sandiaga Uno mengapresiasi gerakan ini. Ia juga melihat, ide segar bisa datang dari siapa saja termasuk mereka yang masih hijau di industri hiburan Tanah Air.

"Saya mengapresiasi gerakan ini. Terasa betul ide ini genuine, datang dari pengamatan seorang anak belasan tahun yang baru masuk di industri hiburan. Ini membuktikan bahwa solidaritas atau gotong royong kita dalam menghadapi situasi penuh tantangan ini bisa datang dari siapa saja," katanya.

Dalam gerakan #CintaKitaBersama, setiap view di video musik Kita Bersama di YouTube akan dihargai senilai Rp50. Dalam periode satu bulan, 19 Agustus-19 September 2021, diharapkan terkumpul satu juta view sehingga akan ada Rp50 juta yang akan dibagikan dalam bentuk bantuan kepada pekerja industri hiburan.

Selain konversi, ada program kompetisi menyanyikan cover lagu ini di media sosial untuk semakin menggemakan pesan solidaritas gerakan ini.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement