Ahad 08 Aug 2021 11:39 WIB

Kominfo Ajak Masyarakat Wisata Secara Virtual

Kominfo mengajak masyarakat manfaatkan teknologi untuk berwisata.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Bayu Hermawan
Logo Kemenkominfo
Foto: wordpress.com
Logo Kemenkominfo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak masyarakat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, termasuk media sosial untuk berwisata. Kominfo mendorong penggunaan media sosial dapat meningkatkan minat berwisata secara virtual di tengah pandemi Covid-19. 

"Virtual tour adalah konsep baru untuk berlibur di tengah pandemi, agar dapat menjelajahi berbagai destinasi wisata menarik di Indonesia," ujar Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Saptriana Tangkary dikutip dalam laman resmi Kemkominfo, Ahad (8/8).

Baca Juga

Saptriana mengatakan, dengan berbekal gawai pintar atau gadget dan internet dari rumah, sekolah maupun kampus, masyarakat khususnya wisatawan dapat menjelajahi berbagai tempat wisata di Indonesia, termasuk museum.

Apalagi di masa pandemi ini, momentum pengguna media sosial dapat membangun komunikasi maupun meningkatkan hubungan baik antara pengelola destinasi dengan pengikut ataupun calon wisatawan.

Dengan virtual tourism, katanya, wisatawan tetap produktif di media sosial dengan membuat konten kreatif dan positif sehingga memberikan dampak yang besar untuk memperkenalkan pariwisata di Indonesia kepada masyarakat.

"Tentu itu menawarkan keindahan dan keunikan dari setiap destinasi secara virtual, bahkan kita juga bisa belajar tentang destinasi yang dikunjungi," katanya.

Septriana menyontohkan launching JP Hub di NTT beberapa waktu lalu, virtual tour dilengkapi dengan penyajian yang menarik dan lengkap, seperti audio pendukung hingga menyediakan virtual tour guide yang memberikan penjelasan tentang objek wisata yang dikunjungi.

"Pada saat hari Bangga Buatan Indonesia di Flobamora NTT, kita melaunching JP HUB yang bisa digunakan oleh seluruh bangsa Indonesia untuk melihat di mana saja pariwisata yang ada di Indonesia agar bisa melaksanakan virtual kegiatan yang ada di daerah wisata tersebut," ujarnya.

Ia juga menyatakan Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Yogyakarta dan aktor pariwisata lokal, salah satunya menggelar webinar Peran Museum di Industri Pariwisata untuk membangkitkan kembali peran museum di industri pariwisata dengan mengusung tagline "Museumku di Hatiku".

"Kegiatan ini sebagai perwujudan upaya pemerintah untuk kembali membangkitkan atraksi pariwisata museum. Hal ini sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik dalam rangka menunjang keberhasilan kabinet, menyerap aspirasi publik, dan mempercepat penyampaian informasi tentang kebijakan dan program pemerintah," jelasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement