Rabu 02 Jun 2021 07:06 WIB

2022, SpaceX alan Luncurkan Roket dari Pelabuhan Terapung

SpaceX berambisi membawa manusia ke Mars.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Peluncuran Roket SpaceX Falcon 9. ilustrasi
Foto: AP/John Raoux
Peluncuran Roket SpaceX Falcon 9. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID CALIFORNIA -- CEO SpaceX Elon Musk baru-baru ini mengatakan di Twitter bahwa sedang membangun pelabuhan antariksa terapung. Pelabuhan antarisa terapung yang dijuluki Deimos saat ini sedang dibangun untuk diluncurkan pada 2022.

Tahun lalu, anak perusahaan SpaceX bernama Lone Star Mineral Development membeli dua rig minyak pensiunan masing-masing senilai 3,5 juta dolar AS dari kontraktor pengeboran lepas pantai Valaris. SpaceX menamai rig Phobos dan Deimos (mengambil nama dua bulan dari Mars).

Baca Juga

Dilansir dari Tech Spot, Rabu (2/6), kedua rig secara aktif menjalani reparasi untuk mengakomodasi peluncuran roket.

Musk pada Februari mengatakan kendaraan peluncuran Starship SpaceX yang dapat digunakan kembali akan terbang ke dan mendarat di platform sebelum menuju ke luar angkasa. SpaceX akhirnya ingin menggunakan Starship untuk mengirim manusia pertama ke Mars, karena itu terkait dengan nama bulan. Musk bahkan telah menyatakan minatnya untuk pindah ke Planet Merah sebagai salah satu koloni pertamanya.

SpaceX berhasil meluncurkan dan mendaratkan prototipe Starship untuk pertama kalinya bulan lalu. Upaya sebelumnya mampu terbang ke udara dan melakukan manuver yang mengesankan, tetapi kesulitan untuk tetap mendarat tanpa meledak.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement