Rabu 26 May 2021 14:35 WIB

Skuad Euro 2020 Belum Diumumkan, Ini Reaksi Southgate

Southgate baru mengumumkan skuad sementara sebanyak 33 orang untuk Euro 2020.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Muhammad Akbar
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.
Foto: EPA-EFE/MARTIN DIVISEK
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Gareth Southgate mengungkapkan alasan belum umumkan skuad tetap tim nasional Inggris. 

Southgate baru mengumumkan skuad sementara sebanyak 33 orang untuk Euro 2020. Manajer Inggris itu harus menunjuk skuad 26 orang sebelum 1 Juni. Menurut Southgate, situasi Inggris lebih rumit daripada negara lain.

Manchester United, Manchester City dan Chelsea akan memainkan pertandingan final Eropa pekan ini. Ia mengatakan, dari tiga klub tersebut, masih ada 12 pemain yang harus dimainkan.

"Jadi kami akan selalu membutuhkan pemain tambahan dan ditambah lagi kami memiliki beberapa (pemain) cedera pada tahap yang berbeda, yang kami hanya memiliki sedikit info," kata Southgate, dikutip dari BBC, Rabu (26/5).

Southgate merasa masih punya lebih banyak waktu untuk membuat keputusan yang lebih baik. Preferensinya adalah memberi nama 26, tetapi sampai sekarang belum mendapatkan skuad yang ideal, karena banyak situasi yang tidak diketahui.

Southgate menyatakan, info dan bukti sangat penting. Sehingga jika menunggu tujuh hari lagi, akan mendapatkan lebih banyak informasi.

Ada masalah kebugaran pada beberapa pemain, termasuk Harry Maguire, Jordan Henderson dan Dominic Calvert-Lewin. Sementara kiper Burnley Nick Pope absen karena cedera. Maguire dibawa Manchester United ke Gdansk untuk melawan Villarreal di final Liga Europa, Kamis (27/5). Sementara Manchester City menghadapi Chelsea di final Liga Champions akhir pekan ini.

Southgate juga ditanya tentang Trent Alexander-Arnold, yang telah dikeluarkan dari skuad Inggris pada bulan Maret. Bek Liverpool itu kembali menjadi salah satu dari empat bek kanan Inggris.

Ia menjelaskan, Alexander-Arnold bisa bermain sebagai bek sayap, dan juga di lini tengah. "Saya telah melihat Reece James bermain di sisi kanan dari tiga bek, di bek sayap dan sebagai pemain sayap, gelandang. Para pemain fleksibel yang dapat memenuhi peran berbeda akan sangat penting," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement