Kamis 22 Apr 2021 05:53 WIB

Mimpi Melihat Tikus, Apa Maknanya? Ini Penjelasan Ulama

Secara umum mimpi melihat tikus bermakna keburukan

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Secara umum mimpi melihat tikus bermakna keburukan. Tikus/ilustrasi
Secara umum mimpi melihat tikus bermakna keburukan. Tikus/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Bagi seorang Muslim, mimpi tak sekadar bunga tidur biasa. Mimpi bisa menjadi semacam isyarat dari Allah SWT di kehidupan nyata. Salah satu mimpi tersebut adalah melihat tikus. Apa maknanya?

Dikutip dari Mawdoo3, menurut Ibnu Sirin dalam Muntakhab al-Kalam fi Tafsir al-Ahlam, Tikus adalah wanita fasik atau pencuri, atau dia memiliki tempat tidur yang busuk, jika tikus itu berkelompok dan aneka warnanya, putih atau putih, hari-harinya siang atau malam diselimuti kealpaan.  

Tikus diartikan sebagai perempuan, baik secara penampilan maupun dalam berwujud jelek, dan jika warnanya selain warna tikus, maka tidak diartikan perempuan, dan siapapun yang melihat bahwa telah menangkap seekor tikus dengan jebakan, itu menandakan bahwa ia menikahi seorang wanita dengan licik dan tipu daya. 

Siapa pun yang melihat bahwa rumahnya penuh dengan tikus, ia akan mengartikan dengan mengumpulkan jamaah di rumahnya sesuai dengan jumlah tikus. satu warna, maka pencari akan mempertimbangkan apa yang dia lakukan, apakah baik atau jahat, dan jika mereka berbeda warna dan berada di satu tempat baru, maka itu diartikan dengan umur panjang, dan jika berbeda dari itu maka ekspresinya adalah terhadapnya. 

Ini menunjukkan seorang wanita yang tidak bermoral, dan siapa pun yang melihat seekor tikus keluar dari tenggorokannya, itu menunjukkan adanya seorang anak yang tidak ketinggalan, dan Jabir al-Maghribi berkata barangsiapa melihat ada tikus liar di dalam rumah dan mereka telah keluar di tempat itu, itu menunjukkan bahwa pencuri memasuki tempat itu dan ada yang hilang. 

Ismail bin Al-Asy'ath berkata,  tikus dengan terpenggal adalah wanita tercela, dan barangsiapa melihat seekor tikus di tangannya yang mati ditangannya menunjukkan kemalangan baginya. Dan barangsiapa melihat bahwa dia menginjak-injak seekor tikus dan membunuh dia, itu menunjukkan perpisahannya dari seorang wanita tak senonoh. 

Siapa pun yang melihat bahwa dia melempari tikus, dia menyakiti seorang wanita pencuri. 

Melihat tikus dalam mimpi menurut tafsir An Nabulsi berarti seorang wanita yang tidak bermoral, atau seorang wanita Yahudi yang berkabung, atau seorang pria Yahudi, atau pencuri berniqab dan tikus banyak menunjukkan mata pencaharian.

Siapa pun yang melihat tikus bermain di rumahnya dalam mimpi, akan mendapatkan rezeki banyak karena, sejatinya tikus tidaklah bermain di suatu tempat kecuali lokasi itu banyak rezeki.

Sumber: mawdoo3

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement