Senin 29 Mar 2021 06:08 WIB

Olahraga Ini tak Perlu Banyak Waktu tetapi Efektif

Olahraga yang disarankan pakar ini bahkan tidak membutuhkan alat apapun.

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah
Olahraga yang disarankan pakar ini bahkan tidak membutuhkan alat apapun.
Foto: Picpedia
Olahraga yang disarankan pakar ini bahkan tidak membutuhkan alat apapun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam satu tahun terakhir, pandemi virus corona jenis baru (COVID-19) mungkin telah mengubah kebiasaan banyak orang di seluruh dunia. Di antara perubahan itu adalah bekerja dari rumah, yang membuat Anda mungkin memiliki postur buruk karena sepanjang hari menatap layar komputer dengan posisi duduk yang tak seharusnya.

Bagi banyak orang, bekerja dari rumah membuat mereka tidak menatap layar komputer dari kursi dan meja seperti di kantor. Pada akhirnya, hal ini membuat postur buruk seperti bungkuk, yang menimbulkan tekanan tambahan pada tulang belakang dan menyebabkan rasa sakit, kekakuan, hingga kerusakan saraf.

Baca Juga

Dilansir Eat This, Ahad (28/3), selain menjadi lebih aktif dengan berjalan kaki setiap hari, ada beberapa cara yang membuat Anda bisa terhindar dari masalah tersebut. Diantaranya adalah dengan ‘membangun’ otot dan melakukan beberapa gerakan mudah serta singkat.

“Sebanyak 80 persen orang di dunia akan mengalami sakit punggung selama hidup mereka. Gerakan atau olahraga singkat seperti ini dapat membuat perbedaan besar dengan membantu meringankan serta mencegah sakit punggung,” ujar Tom Holland, seorang ahli fisiologi olahraga dan penulis buku The Micro-Workout Plan: Get the Body You Want without the Gym in 15 Minutes or Less a Day.

Holland memberitahukan jenis olahraga yang hebat dan sangat cepat untuk membangun otot, sekaligus meredakan nyeri yang sangat dibutuhkan tubuh. Ia juga menyebut bahwa gerakan dalam olahraga ini membantu meningkatkan performa dan aktivitas sehari-hari Anda jadi lebih mudah.

“Anda dapat melakukan latihan mikro ini dua hingga tiga kali sehari, beberapa hari seminggu untuk memperkuat dan membentuk core (inti),” jelas Holland.

Olahraga ini juga tidak membutuhkan alat apapun. Berikut olahraga yang bisa Anda coba dengan mudah tanpa menghabiskan banyak waktu.

1. Forearm Plank

Plank lengan bawah atau dikenal sebagai forearm plank menjaga agar tubuh Anda tetap lulus sempurna sambil menahannya di lengan dan jari kaki. Tahan selama 15 detik dan rasakan manfaatnya.

2. Side Plank Left

Berbaring miring ke kiri dengan kaki sejajar (ditumpuk) dan lengan kiri di lantai. Angkat tubuh ke atas membentuk seperti garis lurus, tahan selama 15 detik.

3. Side Plank Right

Seperti gerakan sebelumnya, namun di sisi yang berbeda. Berbaring miring ke kanan dengan kaki sejajar (ditumpuk) dan lengan kanan di lantai. Angkat tubuh ke atas menjadi garis lurus dan tahan selama 15 detik.

4. Spider-Man Plank

Seperti namanya, plank Spider-Man memuat gerakan mirip dengan laba-laba. Pertama, ambil posisi tubuh tetap lurus sempurna sambil menahan lengan dan jarik kaki. Secara bergantian, bawa lutut kanan ke siku kanan, lalu lutut kiri ke siku kiri. Tahan selama 15 detik.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement