Kamis 25 Mar 2021 03:44 WIB

AC Milan Jadi Tim Italia Terpopuler di Pasar AS dan Cina

Namun, di pasar domestik, Milan masih belum bisa menyaingi popularitas Juve.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Logo AC Milan.
Foto: REUTERS/Stefano Rellandini
Logo AC Milan.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- AC Milan terpilih sebagai klub asal Italia paling dikenal dan populer di pasar Amerika Serikat (AS) dan Cina. Hal ini berdasarkan hasil temuan dari perusahaan riset pasar dan analisa data asal Inggris, YouGov.

Analisis yang dilakukan salah satu perusahaan riset pasar dan analisa data paling terkemuka itu mencakup enam indikator, termasuk persepsi terhadap skuad dan pelatih, kualitas permainan, tradisi juara, sejarah kesuksesan klub, serta tren penampilan terakhir. Berdasarkan indikator-indikator ini, I Rossoneri menorehkan catatan poin lebih unggul dibanding tim-tim asal Italia lain di pasar AS dan Cina.

Milan pun memperbaiki posisinya di daftar klub paling populer di pasar AS. Pada tahun lalu, Milan hanya bisa mengumpulkan 1,9 poin, tapi pada tahun ini, poin Milan meningkat drastis menjadi 9,6.

''Capaian poin ini membawa Milan berada di urutan kedelapan dalam daftar klub paling populer di pasar Amerika Serikat. Posisi ini menjadi posisi paling tinggi yang ditorehkan klub asal Italia dalam daftar tersebut,'' tulis laporan Football Italia, Rabu (24/3).

Di pasar AS, klub raksasa Liga Primer Inggris, Manchester United, menjadi klub yang paling populer. Sementara di peringkat kedua ditempati Real Madrid, kemudian diikuti oleh Barcelona, Manchester City, Liverpool, Chelsea, dan Bayern Muenchen secara berurutan.

Kendati begitu, posisi Milan di pasar Cina jauh lebih kuat dibanding sebagian besar klub-klub tersebut. I Rossoneri menorehkan 14,9 poin, atau berada di peringkat ketiga dalam daftar klub paling dikenal di pasar Cina.

''Di pasar Cina, Milan hanya kalah bersaing dari Real Madrid dan Barcelona,'' lanjut laporan Football Italia.

Seperti halnya di pasar AS, I Rossoneri juga mencatatkan peningkatan signifikan dalam raihan poin di pasar Cina pada tahun ini. Pada tahun lalu, Milan tercatat hanya bisa mengumpulkan 11,9 poin di pasar Cina.

Namun, di pasar domestik, Milan masih belum bisa menyaingi popularitas Juventus. I Bianconeri tetap menjadi brand dan klub paling populer di pasar Italia. Si Nyonya Tua berada di urutan teratas dengan raihan 30,4 poin. Kendati begitu, dibanding tahun lalu, torehan poin Juventus ini mengalami penurunan sebanyak tiga poin.

Di sisi lain, raihan poin Milan justru meroket dan mengantarkannya bertengger di peringkat kedua. Pada tahun lalu, Milan hanya bisa mencatatkan 7,3 poin, tapi pada tahun ini, Milan berhasil mengumpulkan 22,5 poin dalam daftar klub paling populer di pasar Italia. Sedangkan Inter Milan, yang tengah memimpin klasemen sementara Liga Italia, berada di peringkat ketiga dalam daftar tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement