Senin 22 Mar 2021 11:28 WIB

Trump akan Buat Platform Media Sosial Sendiri

Donald Trump diblokir dari media sosial seperti Twitter, Facebook dan Snapchat.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Akun Media Sosial Donald Trump
Foto: VOA
Akun Media Sosial Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, AMERIKA SERIKAT—Mantan penasihat administrasi senior Donald Trump, Jason Miller mengatakan kepada Mediabuzz Fox News bahwa mantan presiden AS Trump akan kembali ke media sosial mungkin sekitar dua atau tiga bulan dengan platformnya sendiri. Miller menambahkan platform mantan presiden Amerika Serikat (AS) ini akan menarik puluhan juta pengguna baru dan sepenuhnya mendefinisikan ulang bagaimana bersosial media.

“Ini adalah sesuatu yang menurut saya akan menjadi tiket terpanas di media sosial. Ini akan sepenuhnya mendefinisikan ulang permainan dan semua orang akan menunggu, serta menonton untuk melihat apa yang dilakukan Trump, tetapi itu akan menjadi platform-nya sendiri,” ujar Miller, dilansir dari CNET, Senin (22/3).

Baca Juga

Trump dikeluarkan dari platform media sosial paling populer pada Januari. Twitter dan Facebook memblokir kiriman Trump di situs mereka setelah pendukungnya menyerbu Capitol AS.Snapchat juga mengambil tindakan dan mengunci akun Trump.

Tindakan itu dilakukan di tengah tuntutan yang semakin mendesak agar jejaring sosial menangani penggunaan platform mereka oleh presiden untuk menyebarkan informasi yang salah, menimbulkan keluhan dan memicu kekerasan. Sebelum larangan diumumkan, Trump mengirim beberapa pesan ke Twitter dan Facebook yang berisi klaim tidak berdasar tentang penipuan pemilu. Video Trump yang mengulangi klaim tersebut telah dihapus dari kedua platform, karena khawatir hal itu akan berkontribusi pada lebih banyak kekerasan.

Selama empat tahun menjabat sebagai presiden, Trump adalah pengirim tweet yang terkenal provokatif yang mendefinisikan ulang politik dengan menggunakan Twitter untuk menghindari saluran resmi dan media tradisional. Twitter sering kali meninggalkan postingan Trump dengan konten yang melanggar peraturannya terhadap hal-hal seperti perilaku kasar atau mengagungkan kekerasan, dengan alasan untuk kepentingan publik.

Twitter akhirnya mulai mengaburkan tweet Trump yang berisi informasi yang salah tentang pemilu dan virus corona dengan label peringatan yang menyertakan tautan ke lebih banyak informasi atau konteks.

Chief Financial Officer Twitter Ned Segal mengatakan bulan lalu larangan Trump akan tetap berlaku, bahkan jika dia mencalonkan diri lagi.

“Kebijakan kami dirancang untuk memastikan orang tidak menghasut kekerasan, dan jika ada yang melakukannya, kami harus menghapus mereka dari layanan dan kebijakan kami tidak mengizinkan orang untuk kembali,” kata Segal.

Sepanjang masa kepresidenannya, Trump memiliki hubungan kontroversial dengan raksasa media sosial, mengeluh situs media sosial menunjukkan bias terhadap suara-suara konservatif. Pada 2018, dia menuduh Twitter melarang bayangan kaum konservatif.

Pelarangan bayangan mengacu pada praktik membuat komentar atau kiriman hanya terlihat oleh pengguna yang membuatnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement