Ahad 27 Dec 2020 19:26 WIB

Dubes RI untuk Inggris Akui Terinspirasi Diplomasi Gus Dur

Gus Dur mewariskan unsur penting dalam diplomasi dunia

Dubes RI untuk Inggris, Irlandia, dan IMO HE Dr Desra Percaya, mengaku terinspirasi warisan diplomasi Gus Dur
Foto: Dok Istimewa
Dubes RI untuk Inggris, Irlandia, dan IMO HE Dr Desra Percaya, mengaku terinspirasi warisan diplomasi Gus Dur

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON— Haul KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pada tahun ini diperingati secara virtual oleh Nahdliiyin Inggris bekerjasama dengan KBRI London. 

Agenda diskusi virtual bertajuk 'Diplomasi Gus Dur: Pesan Kemanusiaan dan Solidaritas Global', digelar pekan lalu,  Kamis (24/12). 

Baca Juga

Agenda ini merupakan kolaborasi KBRI London, Gusdurian Inggris, PCINU Inggris, Muslimat NU Inggris, dan PPI Dunia. Hadir dalam agenda ini, Dubes RI untuk Inggris, Irlandia, dan IMO HE Dr Desra Percaya, Katib 'Aam PBNU KH Yahya C Staquf, Councellor Pensosbud KBRI London, Koordinator PPI Dunia Choirul Anam, dan Sekretaris PCINU United Kingdom Munawir Aziz.

Agenda diskusi virtual ini dipandu Rahma Arifa (Gusdurian UK/Mahasiswa LSE London) dan Nadhila Chairunnisa (Gusdurian UK/Ketua PPI Birmingham).   

Dubes RI untuk Inggris, Irlandia dan IMO Dr Desra Percaya menyampaikan, dirinya sangat terinspirasi Gus Dur, serta belajar banyak darinya. Desra juga mengaku tumbuh di lingkungan Nahdliyyin di Malang, Jawa Timur. 

"Gusdurian dan teman-teman NU itu adalah sahabat saya sehari-hari, karena saya besar di Malang, Sidoarjo, dan Surabaya. Jadi, saya merasa bahagia kembali bergabung dalam agenda ini," terangnya.  

Lebih lanjut, Desra Percaya menganggap bahwa warisan diplomasi Gus Dur sangat penting dan tetap relevan untuk saat ini.

"Solidaritas global sedang dites pada saat ini, being tested in the world. Pada masa pandemi saat ini, kerjasama, rasa kemanusiaan dan solidaritas global menjadi kunci atas tantagan bersama yang dihadapi," ungkapnya. 

Dia menyebutkan, sudah lebih dari satu dekade wafatnya Gus Dur, tapi legacy beliau terus menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia dan dunia saat ini. 

Ada dua hal yang penting dalam kepimpinan Gus Dur. Pertama, diplomasi Indonesia di level dunia meningkat, yang berpegang teguh pada prinsip bebas aktif. 

Kedua, aktif menjembatani tradisi dan kemajuan, hingga saat Indonesia menjadi contoh bagi dunia bahwa Islam, modernitas dan demokrasi dapat tumbuh bersama. Gus Dur merupakan sosok role model yang menginspirasi.   

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement