Jumat 11 Dec 2020 22:48 WIB

Legenda Spurs Sebut Lo Celso Bisa Dongkrak Performa Spurs

Lo Celso jadi pemain paling merepotkan bagi lawan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Giovani Lo Celso (atas).
Foto: AP/Clive Rose/Pool Getty
Giovani Lo Celso (atas).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan pelatih timnas Inggris, Glenn Hoddle, memuji setinggi langit performa Giovani Lo Celso saat Tottenham Hotspur membungkam Royal Antwerp, 2-0, di laga pamungkas penyisihan Grup J Liga Europa, Jumat (11/12) dini hari WIB. Menurut Hoddle, kehadiran gelandang serang asal Argentina itu bisa meningkatkan performa The Lilywhites. 

Hoddle, yang juga legenda Spurs itu, menyebut, penampilan Lo Celso dalam laga yang digelar di Stadion Tottenham Hotspur itu begitu luar biasa. ''Performa Lo Celso di laga itu benar-benar luar biasa. Penampilan itu membuat Anda berpikir, dia akan meningkatkan performa Spurs, atau setidaknya tidak akan membuat performa tim secara keseluruhan menurun,'' ujar Hoddle kepada BT Sports, Jumat (11/12).

Hoddle pun menilai, meski sempat mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan permainan di Inggris, tapi mantan gelandang Paris Saint Germain itu sudah mampu mengembangkan kemampuannya dengan baik. Lo Celso, tutur Hoddle, adalah pemain yang cerdas, baik secara taktik ataupun teknik permainan.

''Perkembangannya mungkin sedikit berbeda dengan pemain lain. Namun, dia adalah pesepak bola luar biasa, yang bermain dengan kecerdasannya. Dia telah membuktikan kemampuannya di laga ini,'' kata Hoddle, yang pernah mengantarkan Spurs meraih dua titel Piala FA dan satu trofi Piala UEFA saat masih aktif sebagai pemain.

Kemenangan Spurs atas Royal Antwerp memang tidak terlepas dari kontribusi Lo Celso. Gelandang serang berusia 24 tahun itu menjadi komandan di lini tengah Spurs. Tidak hanya membantu serangan, Lo Celso juga ikut aktif dalam membantu pertahanan. Di laga itu, Lo Celso tercatat menjadi pemain Spurs yang paling merepotkan pertahanan tim asal Belgia tersebut.

Lo Celso menjadi pemain dengan jumlah tembakan terbanyak di laga ini, mencapai empat tembakan, termasuk dua tembakan tepat mengarah ke gawang. Puncaknya, eks gelandang Real Betis itu mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-71. Pemain yang dipermanenkan Spurs pada pertengahan musim lalu itu mencetak gol kedua Spurs via sepakan kaki kiri usai memanfaatkan umpan Harry Kane.

Atas kontribusinya di laga ini, BBC pun menobatkan Lo Celso sebagai pemain terbaik di laga ini. Selain itu, laman penyedia statistik sepak bola, Whoscored, memberikan rating 9,4 kepada Lo Celso dan menobatkanya sebagai man of the match di laga tersebut. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement