Rabu 11 Nov 2020 22:21 WIB

Tips Menjaga Kebersihan Pakaian Selama Pandemi Covid-19

Kesalahan mencucui pakaian justru berisiko menularkan penyakit

Rep: Puti Almas/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi Mencuci Baju
Foto: Mgrol101
Ilustrasi Mencuci Baju

REPUBLIKA.CO.ID, Selama pandemi virus corona jenis baru (Covid-19), hampir semua orang menjadi sadar akan pentingnya kebersihan. Mulai dari kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar adakah diantara yang paling penting untuk diperhatikan.

Dilansir laman resmi Unicef, ada sejumlah kesalahan informasi mengenai kebersihan, yang terkadang membuat orang justru semakin berisiko tertular penyakit wabah ini. Salah satunya adalah mengenai cara membersihkan pakaian.

Baca Juga

Ada beberapa tips yang dikumpulkan dari para ahli untuk membersihkan pakaian saat pandemi Covid-19. Meski saai ini belum jelas berapa lama virus corona jenis baru dapat bertahan di kain, namun tak sedikit pakaian yang memiliki elemen plastik dan logam, sehingga virus ternyata dapat bertahan selama beberapa jam, hingga hitungan hari.

Pertama-tama saat pulang dari suatu tempat dan memasuki rumah, Anda harus mengganti pakaian. Sebelumnya tidak lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan jika memungkinkan, disarankan untuk langsung mandi.

Tidak lupa, untuk membersihkan sprei, handuk, dan pakaian secara teratur. Saat mencuci, usahakan untuk tidak mengocok cucian kotor guna meminimalisir kemungkinan virus melalui udara.

Cuci pakaian menggunakan sabun maupun deterjen serta air hangat. Tidak lupa untuk keringkan hingga benar-benar kering, karena ini dapat membunuh virus.

Setelah mencuci pakaian, jangan anggap tangan Anda bersih. Cuci terlebih dahulu dengan sabun atau gunakan hand sanitizer segera.

Perlu diingat bahwa penting untuk mencuci tas atau keranjang cucian yang sehari-hari digunakan menyimpan pakaian kotor. Pertimbangkan untuk menyimpan cucian kotor di tempat sekali pakai.

Sementara itu, jika Anda perlu mencuci pakaian di luar rumah, seperti menggunakan fasilitas binatu, lakukan tindakan pencegahan seperti berikut. Pertama persiapkan cucian sebelum meninggalkan rumah untuk membantu meminimalkan jumlah waktu yang Anda habiskan di luar.

Jaga jarak fisik dengan orang lain. Kenakan sarung tangan sekali pakai jika tersedia, desinfeksi permukaan semua mesin yang Anda gunakan dan jangan menyentuh wajah.

Untuk fasilitas binatu dalam ruangan, tunggu di luar hingga cucian Anda selesai jika memungkinkan lipat cucian Anda di rumah. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air, atau gunakan antiseptik berbasis alkohol, segera setelahnya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement