Rabu 07 Oct 2020 22:46 WIB

Arab Saudi Vonis 15 Tahun Penjara untuk Ekonom Oposisi

Para aktivis menyerukan agar ekonom oposisi Zamil segera dibebaskan

Red: Nur Aini
Ahli ekonomi yang oposisi dengan pemerintah Saudi, Isam al-Zamil dijatuhi hukuman 15 tahun penjara
Ahli ekonomi yang oposisi dengan pemerintah Saudi, Isam al-Zamil dijatuhi hukuman 15 tahun penjara

 

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Kelompok Media Sosial "Tahanan Pemikiran" yang terdiri atas para aktivis Arab Saudi mengungkapkan ahli ekonomi yang oposisi dengan pemerintah Saudi, Isam al-Zamil dijatuhi hukuman 15 tahun penjara setelah ditahan selama 3 tahun.

Baca Juga

"Ekonom Isam al-Zamil dijatuhi hukuman 15 tahun penjara setelah 3 tahun dikurung di penjara," kata kelompok aktivis itu di Twitter.

"Zamil memang pantas menjabat sebagai Kementerian Ekonomi, tetapi pemerintahan yang represif telah menahannya di penjara sejak 2017. Sekarang mereka melanjutkan pelanggaran ini dengan memberikan hukuman penjara kepadanya selama 15 tahun," lanjut mereka.

Para aktivis menyerukan agar Zamil segera dibebaskan. Pernyataan tersebut juga menyebut bahwa Zamil sosok yang dipromosikan oleh majalah Amerika Forbes sebagai salah satu tokoh ekonomi terpenting dan pendiri perusahaan teknologi informasi terkemuka.

Hingga berita ini ditulis tak ada pernyataan resmi yang dibuat oleh otoritas Arab Saudi terkait keputusan tersebut. Penangkapan aktivis, jurnalis, dan ulama terkemuka mendapatkan kecaman luar menyusul naiknya Putra Mahkota Mohammad bin Salman di panggung politik Arab Saudi, yang tidak terlalu cemerlang di bidang hak asasi manusia.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/arab-saudi-vonis-15-tahun-penjara-untuk-ekonom-oposisi/1998157
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement