Senin 20 Jul 2020 13:03 WIB

Kamaru Usman Bisakah Gantikan Khabib Nurmagedov?

Siapa pengganti Khabib Nurmagedov?

Kamaru Usman berdoa sebelum bertanding
Foto: google.com
Kamaru Usman berdoa sebelum bertanding

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Muhammad Subarkah, Jurnalis Republika

Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov adalah seniman bela diri campuran profesional Rusia keturunan etnis Avar. Nurmagomedov adalah dua kali Juara Dunia Combat Sambo, Juara UFC kelas ringan dan Juara Interim kelas ringan. Nama dia sangat menjulang saat ini sebagai jawara dunia bela diri campuran. Di kalangan dunia Muslim nama Khabib yang asal Rusia ini menjadi buah bibir.

Namun, apakah ada penggantinya? Apakah ada jawara Muslim lain yang punya potensi yang serupa sebagai juara bela diri campuran atau tarung bebas? Jawabannya ternyata ada. Dia adalah Kamarudeen Usman (lahir 11 Mei 1987). Di kalangan internasional namanya disebut sebagai Kamaru Usman.

Dari berbagai sumber penulisan, Kamaru Usman, adalah orang Amerika-Nigeria yang berkompetisi di Ultimate Fighting Championship (UFC), di mana ia adalah Juara Kelas Welter UFC saat ini. Laman Wikipedia menulis, Usman juga pemenang turnamen The Ultimate Fighter 21. Pada 14 Juli 2020, ia berada di peringkat 5 untuk daftar pound-for-pound pria UFC.

Usman lahir di Auchi, Nigeria. Ayahnya berada di Angkatan Darat Nigeria dan ibunya adalah seorang guru. Ia memiliki dua saudara laki-laki, Kashetu dan Mohammed, yang mantan adalah Doktor Farmasi dan yang terakhir adalah juga menekuni bela diri campuran.

Usman dan keluarganya berimigrasi ke Amerika Serikat ketika ia berusia 8 tahun. Dia mulai bergulat di tahun keduanya di sekolah menengah, di Bowie High School di Arlington, Texas. Karena pelatih gulat Usman pada saat itu mengalami kesulitan dalam mengucapkan nama depannya, Kamarudeen, ia mendapat julukan "Marty" ketika ia bergabung dengan tim dan itu tetap melekat padanya selama karier gulat amatirnya.

Setelah menyusun rekor 53-3 di sekolah menengah dan menempatkan ketiga di kejuaraan negara bagian Texas, Usman bergulat bersama Jon Jones di turnamen nasional senior seraya ia kuliah.

Di perguruan tinggi, Usman bergelut di Iowa di Universitas William Penn selama satu tahun, Usman sempat masuk kualifikasi turnamen nasional NAIA pada tahun 2007. Namun, tidak dapat menghadiri turnamen karena badai salju, setengah dari timnya dan pelatih kepalanya, telah berangkat lebih awal ke turnamen tanpanya. Karena ditinggal, ia marah dan ini memengaruhinya untuk meninggalkan Universitas William Penn.

Selanjutnya, ia pindah ke Universitas Nebraska di Kearney (UNK), yang sebelumnya mencoba merekrutnya di bawah nasihat pegulat UNK saat itu, Tervel Dlagnev, dan kemudian membantu Lopers memenangkan gelar tim pertama mereka pada 2008.

Usman meraih NCAA Divisi II penghargaan All-American semua tiga tahun ia berada UNK, dan menjadi finalis nasional sebanyak dua kali. Dia menjadi juara nasional Divisi II NCAA  pada 2010, menyelesaikan musimnya dengan rekor 44-1. 

Selain itu, Usman adalah anggota Tim Dunia Universitas di gulat gaya bebas pada tahun 2010. [Mantan bintang National Football League (NFL) Christian Okoye, yang memiliki nama julukan "The Nigerian Nightmare"] memberikan restunya bagi Usman untuk bisa menggunakan sebutannya.

Namun, apakah akan bisa setenar Khabib? Sampai saat ini masih banyak yang meragukannya. Bahkan, mantan petarung dan legenda UFC, Ben Aksen, mengatakan bila Usman tak akan punya banyak penggemar. Dia mengatakan, selain sifatnya yang kaku dia malah dikatakan kerap berperilaku palus. Dan meski berhasil mempertahakan sabuk juara kelas walter UFC beberapa waktu lalu, kemenagannya malah terasa kontroversial dan panen hujatan.

Jadi jalan bagi Usman Kamaru untuk menggantikan Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov masih sangat panjang?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement