Senin 08 Jun 2020 08:31 WIB

De Jong: Saat Messi Memberi Nasihat, Dengarkan

Frenkie De Jong menceritakan dinamika yang dialaminya di Barcelona.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Agung Sasongko
Frenkie de Jong
Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Frenkie de Jong

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Frenkie De Jong menceritakan dinamika yang dialaminya di Barcelona. Gelandang tim nasional Belanda itu baru menjalani musim perdana di Barca. Ia mengaku memainkan peran yang sedikit berbeda dengan di Ajax Amsterdam atau De Orange.

Dalam proses adaptasi, ia kerap mendapat nasihat atau masukan dari Lionel Messi. Ia tak mempermasalahkan hal tersebut. Kendati Messi seperti memberi komanda kemana seharusnya De Jong bergerak.

Baca Juga

"Anda menganggapnya sebagai pemain terbaik dunia sejauh ini. Jika dia memberi saran, anda mendengarkan. Terkadang ia mengatakan anda harus bergerak lebih ke dalam atau ke samping. Hal sederhana, tapi itu membuat perbedaan," tutur De Jong kepada BBC, dikutip dari Marca, Senin (8/6).

Jika di Ajax dan timnas Belanda, pesepakbola 23 tahun ini cenderung berperan di area gelandang bertahan sekaligus pengatur irama. Sementara di Barcelona, ia sedikit lebih ke depan. Ada Sergio Busquets di depan para bek. De Jong merasa baik-baik saja dengan tantangan terbaru ini.

"Saya bukan gelandang yang berada di zona paling defensif, tapi saya juga tidak terlalu menyerang," ujarnya.

Apa pun yang terjadi, sang meneer mengaku telah mewujudkan salah satu mimpi. Ia bermain untuk klub yang ia idolakan. Ia merasa tersanjung Saat El Barca menyatakan ketertarikan padanya. Tanpa banyak Drama, De Jong merespon positif minat dari Raksasa Katalan.

"Mereka mengatakan anda memiliki peluag bagus menjadi starter. Itu benar-benar mudah bagi saya (menerima pinangan Blaugrana)," ujar pesepakbola 23 tahun ini.

Sejauh musim 2019/2020 berjalan De Jong sudah turun di 37 pertandingan di berbagai ajang, dan mencetak dua gol. Kini yang bersangkutan tengah mempersiapkan diri jelang kembali bergulirnya kompetisi La Liga. Raksasa Katalan bertemu Real Mallorca pada pekan ke-28 La Liga.

Duel tersebut berlangsung di Iberostar Stadium, markas Mallorca, Ahad (14/6) dini hari WIB. Anak asuh Setien berada di puncak klasemen sementara. Dengan mengantongi 58 poin, Messi cs unggul dua angka atas Real Madrid di kursi runner up. Kompetisi menyisakan 11 pertandingan lagi. Persaingan dua musuh bebuyutan itu, diprediksi memanas hingga akhir. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement