Kamis 04 Jun 2020 11:20 WIB

Jumlah Wasit Wanita di Inggris Melonjak

Jumlah Wasit Wanita di Inggris melonjak 72 persen sejak 2016

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Agung Sasongko
Wasit wanita Stephanie Frappart.
Foto: EPA-EFE/SEDAT SUNA
Wasit wanita Stephanie Frappart.

REPUBLIKA.CO.ID,  LONDON -- Jumlah wasit wanita di sepak bola Inggris melonjak 72 persen sejak 2016. Football Association (FA) mengungkapkan, sekarang ada 2.146 wasit di semua level olahraga.

Di Liga Super Wanita (WSL), 63 persen pertandingan musim ini dipimpin oleh wanita, meningkat 20 persen selama empat musim. FA juga menemukan 98,3 persen keputusan wasit wanit di WSL pada pertandingan 2019/20 tepat, berdasarkan sistem evaluasi wasit pertandingan yang baru. Selain itu, ada empat wasit wanita dan lima asisten wasit dari Inggris yang masuk dalam daftar wasit resmi FIFA.

''Kami perlu memperlakukan wasit di pertandingan wanita berbeda dengan pria. Pertandingan dimainkan berbeda, pemain berperilaku berbeda dan lingkungan yang berbeda,'' jelas manajer wasit profesional FA, Joanna Stimpson, dikutip dari BBC, Kamis (4/6).

Menurutnya, kerja keras selama empat musim terakhir telah membangun pondasi yang kuat untuk peningkatan jangka panjang. Joanna yakin, tidak pernah ada waktu yang lebih baik untuk jadi wasit khususnya wasit wanita.

Pada Agustus lalu, wasit WSL mengungkapkan, akan dinilai untuk pertama kalinya, menggunakan analisis yang sama dengan wasit pria di Liga Primer Inggris. Skemanya memberikan akses wasit ke rekaman pertandingan, untuk memberikan video analisis forensik dalam setiap keputusan.

Beberapa wasit menerima kritik selama musim 2019/20, dimana pemain internasional Wales Natasha Harding, level mengadili pertandingan tidak pernah tumbuh maupun berkembang selama pertandingan. Video Assistant Referees (VAR) juga tidak digunakan dalam pertandingan besar domestik di seluruh dunia.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement