Sabtu 16 May 2020 11:41 WIB

WNI Terdampak Covid-19 di Slowakia Terima Bansos 

Saat ini Slowakia masih menjalani masa kebijakan lockdown.

Rep: Fergie Nadira/ Red: Agung Sasongko
Salah satu sudut kota Bratislava, Slowakia
Foto: Onislam.net
Salah satu sudut kota Bratislava, Slowakia

REPUBLIKA.CO.ID, BRATISLAVA - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bratislava, Republik Slowakia telah melakukan distribusi bantuan sosial berupa paket sembako dan produk sanitasi bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang terdampak COVID-19 di Slowakia. Ini merupakan bantuan sosial tahap kedua yang dilakukan oleh KBRI Bratislava. 

Penyaluran bantuan ini dilaksanakan masing-masing pada kurun waktu 7-15 Mei 2020. Bantuan sosial tahap kedua ini diberikan kepada 15 orang WNI, yang terdiri dari 12 Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan 3 mahasiswa Indonesia yang tengah mengikuti program pertukaran mahasiswa dengan skema Erasmus. 

"Bantuan diberikan untuk memastikan para WNI memiliki pasokan bahan makanan yang cukup selama masa pandemi, khususnya di bulan Ramadhan ini," ujar keterangan resmi KBRI Bratislava yang diterima Republika, Sabtu (16/5). Bantuan yang disalurkan terdiri dari beras, mie instant, gula, minyak goreng, telur, makanan kaleng, dan masker. 

Sebagaimana diketahui, saat ini Slowakia masih menjalani masa kebijaka lockdown atau karantina wilayah yang mengakibatkan sebagian besar aktivitas ekonomi lumpuh. Hal ini menyebabkan para PMI, khususnya yang bekerja pada sektor jasa mengalami pengurangan jam kerja. Pengurangan jam kerja sangat berdampak pada upah bulanan, mengingat para PMI dibayar berdasarkan jumlah jam kerja. 

"Penyaluran bantuan sosial ini merupakan bentuk kepedulian dan kehadiran negara bagi seluruh WNI di negara akreditasi. KBRI Bratislava terus memantau perkembangan dan kondisi seluruh WNI di Slowakia," kata pernyataan KBRI.

Selain bantuan sosial, KBRI Bratislava juga turut membantu pemulangan WNI kembali ke tanah air di masa pandemi ini. Duta Besar RI di Bratislava Adiyatwidi Adiwoso mencatat hingga saat ini, KBRI Bratislava telah memfasilitasi pemulangan 10 WNI ke tanah air. Pemulangan ini juga turut dibantu oleh KBRI Wina, Austria.

"Dalam waktu dekat (awal Juni), KBRI Bratislava akan kembali membantu pemulangan 3 mahasiswa Indonesia kembali ke Jakarta," ujarnya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement