Selasa 05 May 2020 07:27 WIB

La Liga Mulai Gelar Latihan Pekan ini

La Liga mengonfirmasi pesepak bola Spanyol akan kembali latihan pekan ini.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Agung Sasongko
Liga Spanyol, Barcelona vs Eibar.
Foto: republika
Liga Spanyol, Barcelona vs Eibar.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- La Liga mengonfirmasi pesepak bola Spanyol akan kembali latihan pekan ini. Itu merupakan langkah pertama dari proses panjang untuk kembali memulai kompetisi.

Harapannya, pertandingan Divisi Utama dan Kedua bisa dimulai pada pertengahan Juni. Walaupun belum jelas bagaimana nasib kompetisi kasta ketiga diselesaikan.

Lapangan di pusat latihan sedang disiapkan, dengan didisinfektan serta ditinjau dalam dua hari ke depan. Pemain juga akan menjalani tes antibodi sebelum kembali ke lapangan. Dalam fase pertama pemain akan bekerja individu, dengan pemain tiba di fasilitas sudah berpakaian lengkap. Tidak boleh ada kontak dengan staf pelatih maupun orang lain.

Sesi kelompok kecil tidak boleh lebih dari enam pemain akan jadi fase selanjutnya. Pada fase akhir, klub secara bertahap diizinkan dengan kelompok tidak lebih dari 14 pemain yang berpartisipasi. Total, Liga Spanyol mengantisipasi persiapan sebelum kompetisi dimulai membutuhkan waktu satu bulan.

Dalam fase pertama, pemain akan kembali ke rumah setiap hari. Tapi dua tahap terakhir dan setelah kompetisi dimulai, klub akan mulai mengadopsi struktur kamp latihan.

Langkah ini diambil menyusul diskusi dan kesepakan dengan otoritas kesehatan dan menteri olahraga, serta sejalan dengan rencana empat fase pemerintah Spanyol untuk mengurangi status kondisi darurat yang telah ditetapkan pada 12 Maret lalu karena pandemi corona.

Masing-masing fase membutuhkan izin dari pemerintah dan bergantung pada tren penurunan penyebaran Covid-19. '

'Kembalinya sepak bola adalah tanda bahwa masyarakat mengalami perkembangan untuk kehidupan normal yang baru. Itu akan membawa kembali sebagian hidup orang-orang di Spanyol dan seluruh dunia,'' ujar Presiden La Liga, Javier Tebas, dikutip dari theguardian, Selasa (5/5).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement