Kamis 19 Mar 2020 07:00 WIB

Pesan Bijak Roy Marten Jika Ada Lockdown Akibat COVID-19

Lockdown bisa mempengaruhi pendapatan rakyat kecil.

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Roy Marten
Roy Marten

VIVA – Aktor kawakan Roy Marten memberikan tanggapannya mengenai kebijakan lockdown jika diterapkan di Indonesia layaknya beberapa negara lain. Menurut, ayah Gading Marten itu, lockdown bisa mempengaruhi pendapatan rakyat kecil.

"Jika terjadi lockdown total kasihan rakyat kecil. Tapi kalau lockdown terbatas ya masih memungkinkan, misalnya kayak transportasi umum yang sekarang dibatasi jam dan armadanya, kayak gitu enggak apa-apa. Bayangin kalau pabrik tutup satu bulan aja, kemudian rakyat kecil yang makan harian gimana," katanya saat dihubungi VIVA, Senin, 16 Maret 2020.

Roy mengatakan jika memang terjadi lockdown total, sebaiknya pemerintah menanggung semua kebutuhan pangan rakyat. Namun, dia juga meragukan itu.

"Beda kalau di China, satu Wuhan itu diiisolasi tapi makan dan minum warga ditanggung, apakah pemerintah kita sanggup, saya kira enggak toh," ucapnya.

Roy berpesan agar masyarakat terus menjaga kebersihan dan kesehatan agar terhindar dari penularan COVID-19. Roy juga mengurangi kegiatan di luar rumah.

"Jangan parno, jangan panik, enggak usah borong-borong sembako, kasihan yang enggak bisa borong. Saya setuju kalau ada pembelian yang dibatasi, misalnya beli beras satu karung, jangan berkarung-karung gitu," tutur dia.

Seperti diketahui, saat ini korban COVID-19 di Indonesia sudah mencapai 117 orang. Presiden Jokowi telah mengimbau masyarakat untuk kerja dari rumah, belajar, dan ibadah di rumah.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement