Kamis 19 Dec 2019 19:34 WIB

Takumi Minamino: Persaingan MU-Liverpool dan Alasan Klopp

Liverpool resmi mendapatkan gelandang RB Salzburg, Takumi Minamino.

Rep: Antara, Fitriyanto, Rahmat Fajar/ Red: Andri Saubani
Takumi Minamino
Foto: Twitter/@LFC
Takumi Minamino

REPUBLIKA.CO.ID, Liverpool telah mengonfirmasi transfer gelandang serang asal Jepang, Takumi Minamino dari klub Austria Red Bull Salzburg pada Kamis (19/12). Pemain berusia 24 tahun itu sudah menjalani tes medis dan menyetujui persyaratan personal dengan pemuncak klasemen Liga Premier itu Rabu setelah menebus klausul rilisnya sebesar 7,25 juta poundsterling (sekitar Rp132 miliar).

"Ini mimpi, impian saya menjadi pemain Liverpool. Dan saya sangat gembira bahwa momen itu menjadi kenyataan," kata Minamino dalam situs resmi Liverpool yang dilansir Sky Sports.

Baca Juga

Minamino menegaskan, bermain di Liga Primer Inggris adalah salah satu target dalam kariernya. Ia menilai, Liga Primer adalah liga kelas atas di dunia.

"Namun, saya tidak pernah menyangka akan bisa bermain di tim ini dan saya sungguh menyenanginya. Saya menantikannya," kata Minamino.

Minamino bermain mengesankan melawan Liverpool pada Liga Champions musim ini, mencetak gol di Anfield ketika Salzburg finis ketiga di belakang The Reds dan Napoli untuk lolos ke Liga Europa. Ia juga mencetak lima gol dan enam assist di Bundesliga Austria musim ini untuk pemuncak klasemen Salzburg.

Minamino bergabung ke Salzburg dari klub Jepang Cerezo Osaka lima tahun lalu dan sejak itu ia menjadi pemain reguler klub Austria tersebut. Sejak melakukan debutnya, ia sudah hampir mencatatkan 200 kali penampilan untuk klub di semua kompetisi dan mencetak 63 gol untuk Salzburg.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp mengungkapkan alasan mengapa ia "ngebet" untuk merekrut Minamino. Pelatih asal Jerman tersebut beralasan bahwa Liverpool membutuhkan pemain dengan seperti Minamino karena kecepatan, kecerdasan serta kejeliannya dalam mencari ruang.

Berbicara setelah transfer Minamino rampung, Klopp mengungkapkan bahwa kemampuan mengesankan gelandang tersebut dalam kompetisi elite Eropa adalah sebuah pertimbangan besar.

"Takumi adalah pemain yang sangat cepat, sangat pintar, ia bisa menemukan ruang di wilayah lawan," katanya yang dilansir Sky Sports pada Kamis (19/12).

Klopp menilai, Minamino adalah pemain yang berani saat melakukan pergerakan dengan atau tanpa bola. Ia pun memuji tim di Liverpool yang berhasil mengamankan tanda tangan kontrak Minamino.

"Ini adalah pekerjaan yang fantastis oleh tim operasi sepak bola kami tentang cara mereka menangani transfer ini. Michael Edwards dan timnya pantas mendapatkan banyak pujian."

Persaingan dengan MU

Sebelum resmi mendapatkan Minamino, Liverpool dikabarkan bersaing dengan Manchester United (MU). Sumber mengatakan kepada ESPN bahwa Liverpool lebih maju daripada MU dengansepakat untuk memicu klausul pelepasan pemain internasional Jepang seharga 7,25 juta poundsterling atau sekitar Rp 134 miliar pada Januari tahun depan.

Pada Jumat pekan lalu, masih dilaporkan ESPN, Direktur Olahraga Liverpoo Michael Edwards bergerak cepat bernegosiasi dengan Salzburg untuk menemukan kesepakatan dengan pemain. Direktur olahraga Salzburg Christoph Freund tampaknya mengkonfirmasi hal ini dalam konferensi pers jelang duel mereka dengan Hartberg, di mana dia mengatakan, "Saya tidak akan mengomentari perincian kontrak. Tetapi memang benar ada pembicaraan dengan Liverpool."

"Merupakan suatu kehormatan bagi klub kami bahwa para pemenang Liga Champions saat ini dan klub-klub besar lainnya sedang mencari para pemain kami," ujar Freung menambahkan.

MU sendiri telah memantau Minamino pada saat yang sama dengan melakukan pencarian intensif pemain depan Norwegia Erling Haaland, rekan setimnya yang berusia 19 tahun di Salzburg. Marcel Bout, kepala pencari bakat United, menyaksikan Haaland dan Minamino secara pribadi pada pekan saat kemenangan 2-0 Liverpool di kandang Salzburg.

Seperti dilaporkan BBC, selang beberapa hari proses negosiasi Michael Edwards, Minamino kemudian terbang ke Inggris untuk menjalani tes kesehatan pada Rabu (18/12). Dan pada hari ini, Liverpool mengonfirmasi transfer Minamino.

Pada 5 Januari nanti, Liverpool akan menghadapi laga pertandingan penting pada putaran ketiga Piala FA melawan Everton. Sementara beberapa pemainnya masih diragukan tampil karena masalah cedera seperti Fabinho, Joel Matip dan Dejan Lovren. Begitu juga dengan Georgio Wijnaldum, meski sudah ikut bersama tim ke Qatar namun masih diragukan untuk diturunkan.

Liverpool tampil luar biasa musim ini. Laju Mohammad Salah dan kawan-kawan di klasemen tak bisa dibendung oleh rival-rivalnya seperti Leicester  dan Manchester City. City yang digadang-gadang menjadi pesaing berat justru kalah bersinar di awal musim ini sehingga jarak poin mereka terpaut 14 poin.

[video] Aksi Takumi Minamino melawan Liverpool di Liga Champions.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement