Jumat 05 Jul 2019 07:54 WIB

Nasdem Dukung Kabinet Jokowi Diisi Anak Muda

Menteri dari kalangan muda bagian dari regenerasi politik.

Rep: Febrianto Adi Saputro, Rizkyan Adiyudha/ Red: Andri Saubani
Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Johnny G. Plate  di Posko TKN, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (19/2).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Johnny G. Plate di Posko TKN, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (19/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate mendukung wacana menteri muda di kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf lima tahun mendatang. Menurutnya, hal itu merupakan langkah yang baik dalam rangka regenerasi.

"Kami mendukung kalau generasi muda juga dilibatkan dalam politik, dalam rangka regenerasi," kata Johnny di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (4/7).

Baca Juga

Ia enggan menyebut sejumlah nama siapa saja tokoh-tokoh muda yang pantas menjadi menteri. Namun, menurutnya banyak juga caleg muda Nasdem yang dianggap berpotensial menjadi menteri.

"Prananda (Paloh) muda, anggota DPR RI, ketua Garda Pemuda. Ada banyak ada doktor-doktor. ada banyak juga anggota DPR yang muda," tuturnya.

Kendati demikian ia menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi. Ia menghormati presiden yang memiliki hak untuk menentukan calon menterinya.

"Itu kewenangan presiden, kami harus konsisten," tegasnya.

Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin mengungkapkan kriteria calon menteri dari kalangan kaum muda guna mengisi kabinet pemerintahan. Keberadaan menteri muda sempat disebut-sebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dimasukan ke dalam kabinet pemerintahannya di periode kedua ini.

Mustasyar Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) ini mengungkapkan, menteri kaum milenial kemungkinan memiliki rentang usia 25-30. Mereka, lanjut dia, tentu harus memiliki kemampuan dan profesional di bidang kementerian yang akan ditempati.

"Jadi saya kira itu melalui seleksi yang cukup," kata Ma'ruf Amin di Jakarta, Kamis (4/7).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement