Selasa 16 Apr 2019 08:45 WIB

Mesuji Terima Hibah Kapal Pelayaran Rakyat

Kapal pelayanan rakyat yang diterima berasal dari hibah Kemenhub

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Christiyaningsih
Sungai Mesuji.
Foto: youtube
Sungai Mesuji.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Demi menunjang kelancaran transportasi rakyat di aliran sungai kabupaten,  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji menerima bantuan hibah satu unit kapal pelayaran rakyat (pelra). Kapal tersebut merupakan hibah dari Dirjen Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Bantuan tersebut diterima Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Mesuji Saply TH dalam berita acara serah terima disampaikan Dirjen Hubla Kemenhub Agung H Purnomo yang disaksikan Menhub Budi Karya Sumadi di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjungperak, Surabaya, Senin (15/4).

Baca Juga

Plt Bupati Mesuji Saply TH mengatakan bantuan tersebut menambah satu lagi kapal pelra. “Bantuan kapal ini sangat dibutuhkan masyarakat Mesuji karena wilayah ini yang dilintasi Sungai Mesuji,” katanya, Selasa (16/4).

Menurut dia, bantuan satu unit kapal pelra menambah satu armada kapal yang telah dimiliki Pemkab Mesuji yang diterima pada tahun lalu. Ia berharap bantuan satu kapal pelra ini dapat menunjang kelancaran transportasi penumpang dan logistik melalui jalur sungai yang ada di Mesuji.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Mesuji Widada mengatakan nilai kapal pelra yang diterima Pemkab Mesuji Rp 1,3 miliar yang diambil dari dana APBN tahun anggaran 2018. Spesifikasi kapal pelra tersebut yakni panjang 17,8 meter, berkapasitas 24 penumpang, dan mampu muatan barang maksimal 10 ton. Kapal pelra tersebut berkapasitas mesin 35 grosston dengan kemampuan kecepatan rata-rata sembilan knot.

Widada mengatakan kapal pelra itu sudah dilengkapi alat keselamatan penumpang yang modern dan lengkap. Di antaranya, jaket keselamatan, perlengkapan pencegahan kebakaran, perlengkapan navigasi, radio komunikasi, dan pencegahan pencemaran. Selain itu, yang terpenting kenyamanan penumpang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement