Senin 28 Jan 2019 06:09 WIB

Ajang Putri Indonesia 2019 Angkat Kearifan Lokal NTB

Ajang ini pun untuk membangkitkan kembali pariwisata Lombok dan Sumbawa.

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Agus Yulianto
Ratusan wisatawan yang berada di Pulau Gili Trawangan (Ilustrasi)
Foto: AKBP Dewa Wijaya/Polair Polda NTB/AP
Ratusan wisatawan yang berada di Pulau Gili Trawangan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK BARAT -- Mustika Ratu dan Yayasan Puteri Indonesia akan menjadikan kearifan lokal Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai tema utama pada ajang Putri Indonesia 2019.

Senior Corporate Communication Mustika Ratu, Mega Angkasa, mengatakan, pemilihan tema ini merupakan wujud dukungan bagi percepatan pemulihan sektor pariwisata NTB, khususnya Lombok pascagempa. Rencananya, Mustika Ratu dan Yayasan Putri Indonesia akan membicarakan pemilihan kearifan lokal NTB sebagai tema kepada Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Senin (28/1).

"Kita ingin mengembalikan ekonomi, geliat pariwisata NTB yang sempat terpuruk. NTB harus bangkit, tak boleh berlama-lama dalam kesedihan dan harus dikembalikan geliat ekonomi dan seluruh aktivitas masyarakat seperti sebelumnya," ujar Mega usai pemilihan perwakilan Putri Indonesia dari NTB di Wyndham Sundancer Resort, Sekotong, Lombok Barat, Sabtu (26/1) malam.

Mega menambahkan, pemilihan NTB sebagai tema utama tentu akan mengedepankan berbagai macam kearifan lokal khas NTB seperti penggunaan kain tenun lokal. Selain itu, panitia juga akan mengeksplorasi potensi alam di Pulau Lombok dan Sumbawa yang nantinya akan ditampilkan saat malam puncak pemilihan Putri Indonesia 2019.

"Kita juga akan melalukan syuting di Lombok, dan serangkaian kegiatan akan dilaksanakan di sini. Secara otomatis NTB akan di bicarakan diajang internasional," kata Mega.

NTB sendiri akan diwakilkan Paradila Anisa Saphira yang akan berkompetisi pada ajang Putri Indonesia 2019. Paradila mengungguli 19 kontestan lain yang masuk dalam 20 besar. 

Perempuan kelahiran Sumbawa Besar, 27 Oktober 1996 tercatat sebagai mahasiswi dokter gigi di salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta dan akan mewakili NTB pada ajang pemilihan Puteri Indonesia 2019 pada Februari-Maret mendatang.

Mega berharap, Paradila mampu bersaing di ajang nasional dan menembus tiga besar untuk bisa mewakili Indonesia di ajang internasional.

Proses pemilihan perwakilan Putri Indonesia dari NTB yang digelar di Wyndham Sundancer Resort, Lombok Barat, Sabtu (26/1) malam, berlangsung meriah dengan sejumlah kegiatan hiburan dan atraksi menarik.

General Manajer Wyndham Sundancer Resort Nanang Supriadi bersyukur, pemilihan Puteri Indonesia dari NTB berjalan cukup sukses. Nanang mengatakan, sengaja menggelar kegiatan dengan menampilkan ragam atraksi hiburan dan budaya yang menarik untuk membangkitkan kembali pariwisata Lombok dan Sumbawa.

"Harapan kita, kegiatan ini akan memdukung Lombok sebagai daerah wisata, terutama juga Sekotong akan semakin mendunia," kata Nanang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement