Rabu 23 Jan 2019 16:46 WIB

Jadwal Uji Kepatutan dan Kelayakan Cawagub DKI Telah Disusun

Pelaksanaan tersebut dimulai pada 27 Januari hingga 3 Februari

Rep: Mimi Kartika/ Red: Esthi Maharani
Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Gerindra DKI Jakarta bersama panelis dari kalangan profesional yang akan membantu fit and proper test cawagub DKI melakukan pertemuan di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Rabu (23/1).
Foto: Republika/Mimi Kartika
Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Gerindra DKI Jakarta bersama panelis dari kalangan profesional yang akan membantu fit and proper test cawagub DKI melakukan pertemuan di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Rabu (23/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan tim panelis telah menyusun jadwal atau timeline pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta. Anggota tim panelis sekaligus Wakil Ketua DPD Gerindra DKI, Syarif mengatakan, pelaksanaan tersebut dimulai pada 27 Januari hingga 3 Februari mendatang.

Timeline kita sudah definitif. Sebelum dimulai tanggal 27 Januari nanti, ketiga cawagub ini akan diminta membuat makalah yang berisi pemikiran mereka sebagai wagub DKI. Nanti makalah tersebut akan dipaparkan tanggal 27 Januari,” ujar Syarif dalam konferensi pers usai rapat bersama tim panelis di Jakarta Pusat, Rabu (23/1).

Ia memaparkan, sejak 23 sampai 26 Januari, ketiga cawagub diberikan waktu membuat risalah tentang pemikirannya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Kemudian, pada 27 Januari, tim panelis mewawancarai cawagub mengenai pemahaman tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI 2018-2022 dengan memaparkan risalah yang telah dibuat.

Selanjutnya, 24-27 Januari, tim panelis akan melakukan penelusuran (tracking) rekam jejak ketiga cawagub. Syarif mengatakan, masyarakat maupun jurnalis juga dapat menyampaikan rekam jejak ketiga kandidat. Para panelis nantinya akan mendalami laporan tersebut.

Berikutnya, pada 3 Februari akan dilakukan konsultasi publik berupa Forum Grup Diskusi (FGD). Lanjut dia, dalam diskusi dengan ketiga cawagub akan diundang tokoh masyarakat. Syarif menambahkan, pihaknya juga akan melaksanakan diskusi antara ketiga cawagub dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Yang masih harus dikonsultasikan kepada partai lagi adalah jadwal untuk diskusi dengan Gubernur, Pak Anies, itu jadwalnya masih tentatif," kata Syarif.

Ia optimistis, target penyerahan hasil uji kepatutan dan kelayakan akan selesai sebelum tanggal 11 Februari 2019. Hal itu sesuai dengan kesepakatan Gerindra dan PKS pada pertemuan sebelumnya.

"Target yang disampaikan Pak Syakir 11 (Februari 2019), mudah-mudahan bisa. Kalau lihat kepadatan tadi sepertinya saya optimis bisa selesai, walaupun padat bisa selesai tanggal 9 atau 10 sudah selesai," jelas dia.

Dalam pertemuan rapat tersebut dihadiri kedua partai yakni Ketua Umum DPW PKS DKI Jakarta Sakhir Purnomo, Wakil Ketua DPW PKS DKI Jakarta Khoiruddin, Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Ahmad Sulhy, dan Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Syarief sekaligus anggota tim panelis uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test). Sementara, anggota tim panelis lainnya yang hadir ialah Peneliti LIPI Siti Zuhro, Pakar kebijakan publik Eko Prasodjo, dan Pengamat Politik Ubedilah Badrun.

Tiga kandidat cawagub dari PKS yang akan diuji yakni mantan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu, Sekretaris DPW PKS DKI Agung Yulianto, dan Ketua Dewan Syariah Wilayah (DSW) DPW PKS DKI Abdurrahman Suhaimi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement