Selasa 18 Dec 2018 23:01 WIB

Dishubtrans DKI Ganti Beberapa JPO Jadi Pelican Crossing

Penggantian itu bertujuan menumbuhkan budaya baru di jalan raya.

Rep: Sri Handayani/ Red: Bayu Hermawan
Pekerja menyelesaikan pembangunan 'pelican crossing' di kawasan Tosari, Jalan Sudirman, Jakarta, Ahad (9/12/2018).
Foto: Antara/Galih Pradipta
Pekerja menyelesaikan pembangunan 'pelican crossing' di kawasan Tosari, Jalan Sudirman, Jakarta, Ahad (9/12/2018).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta akan mengganti beberapa jembatan penyeberangan orang (JPO) dengan pelican crossing. Selain memberikan akses yang setara, hal ini juga bertujuan menumbuhkan budaya baru di jalan raya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta Sigit Widjatmoko mengatakan, ada beberapa JPO yang akan diganti menjadi pelican crossing. Ia menyebut di antaranya JPO di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jalan Sudirman, Tosari, dan dekat Mandarin Hotel.

"Kalau yang di Bundaran HI adalah JPO temporer saat pembangunan MRT Jakarta. Utamanya memberikan akses pada karyawan kontraktor pada saat itu," kata Sigit, Selasa (18/12).

Di Jalan Sudirman ada tiga pelican crossing dibangun dalam rangka proses revitalisasi JPO. Sementara, area Tosari akan didesain ulang untuk mengoptimalkan kawasan yang ada.

"Bagaimana pengaturan pergerakan orang dan juga layanan transportasi angkutan umum yang ada. Supaya tidak menjadi problem tersendiri, khususnya perpindahan antar moda dari masyarakat pengguna publik transport," ujar Sigit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement