Ahad 02 Dec 2018 16:40 WIB

Mobil Listrik UMM Pecahkan Rekor Asia

Perolehan nilai 335,09 KM/KWH memecahkan rekor Asia dan dunia.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Dwi Murdaningsih
Mekatronic Team UMM sukses menyabet Juara I dalam Kategori Urban Listrik di ajang bergengsi Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018.
Foto: umm
Mekatronic Team UMM sukses menyabet Juara I dalam Kategori Urban Listrik di ajang bergengsi Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali menorehkan prestasi. Kali ini, Mekatronic Team UMM sukses menyabet Juara I dalam Kategori Urban Listrik di ajang bergengsi Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018.

Selanjutnya, mobil listrik andalan UMM ini tengah dipersiapkan untuk berlaga pada Shell Eco Marathon Asia (SEMA) 2019. Ajang ini direncakan akan digelar pada April mendatang di Kalifornia, Amerika Serikat.

"Mobil Listrik UMM kemarin berhasil menjadi yang terjauh dengan efisiensi terbaik," kata Drive train di Mekatronic Team, Afrianto.

Menurut Afrianto, Mekatronic Team yang mengandalkan kendaraan Genetro Suryo U.E.V 06, unggul dengan hasil terbaik. Dengan nilai 335,09 KM/KWH, karya UMM ini berhasil menyisihkan tim dari perguruan tinggi negeri dan swasta lainnya.

Pembina Tim Mekatronik, Mohammad Jufri, mengaku, perolehan nilai 335,09 KM/KWH memecahkan rekor Asia dan dunia. Kesimpulan ini diungkapkan berdasarkan informasi dari panitia penyelenggara ajang tersebut.

Menurut Jufri, capaian ini berkat kerja keras seluruh anggota tim. Beberapa hal telah dilakukan untuk merancang mobil seefisien  mungkin. Salah satu antaranya dengan meminimalisasi berat kendaraan agar lebih ringan.

"Angka tersebut diperoleh atas kerja keras tim dengan melakukan beberapa modifikasi pada mobil itu sendiri," ucap dosen Program Studi Teknik Mesin ini melalui keterangan resmi yang diterima Republika.co.id, Ahad (2/12).

Sementara Tim Srikandi dengan kendaraan Hrusangkali Evo 01 di kelas Motor Pembakaran Dalam (MPD) Gasoline, mengaku cukup puas dengan perolehan sebagai Juara pada kategori Desain Estetika Terbaik. KMHE merupakan event yang diselenggarakan oleh DIKTI dalam skala nasional. Ajang tersebut tiap tahunnya memperlombakan mobil kreasi mahasiswa dari berbagai lembaga pendidikan tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement