Rabu 30 May 2018 12:08 WIB

Jokowi Harap Hubungan Indonesia-India Saling Menguntungkan

Kemitraan strategis harus diisi dengan kerja sama yang konkret

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Muhammad Hafil
Presiden Jokowi menyambut kehadiran PM India Narendra Modi di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (30/5).
Foto: Dessy Suciati Saputri
Presiden Jokowi menyambut kehadiran PM India Narendra Modi di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (30/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik kunjungan Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi dan delegasi ke Indonesia. Dalam kunjungan ini, Jokowi berharap hubungan kedua negara makin meningkat dengan membangun kemitraan strategis komprehensif.

"Kemitraan strategis komprehensif harus diisi dengan kerja sama yang konkret, dan kerj asama konkret hanya dapat diwujudkan melalui peningkatan engagement, termasuk pada tingkat leaders," ujar Jokowi saat membuka pertemuan bilateral dengan India di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (30/5).

Jokowi mengatakan, kunjungan pertama Narendra Modi di Indonesia ini memberikan energi baru bagi hubungan bilateral kedua negara yang akan berusia 70 tahun pada tahun depan.

Ia pun menilai, kunjungan PM Modi ke Indonesia sangat tepat dilakukan di tengah-tengah berbagai ketidakpastian di dunia.

"Saya berharap kemitraan ini akan dapat memberikan kontribusi bagi stabilitas, bagi perdamaian, dan bagi kesejahteraan dunia," katanya menambahkan.

Presiden juga berharap kemitraan strategis komprehensif ini dapat saling memberikan keuntungan bagi hubungan kedua negara.

Sebelumnya, Jokowi menyambut kedatangan PM Modi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (30/5). Berdasarkan pantauan, Modi tampak tiba di Istana pukul 10.15 WIB.

Kunjungan Modi ke Indonesia dilakukan untuk pertemuan bilateral kedua negara. Presiden Jokowi pun tampak menyambut kedatangan Modi.

Upacara penyambutan dilakukan dengan menembakkan meriam dan mengumandangkan lagu kebangsaan kedua negara serta memberikan salam hormat pada bendera negara masing-masing.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama, pengisian buku tamu, serta pertemuan bilateral. Setelah itu, akan dilakukan pengumuman dokumen kerja sama serta pernyataan pers bersama.

Dalam pertemuan bilateral ini, sejumlah menteri kabinet yang tampak hadir adalah, antara lain, Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menlu Retno Marsudi, dan Menkopolhukam Wiranto. 

Pada siang hari, PM Modi dan Presiden Jokowi juga menyaksikan pameran layang-layang India-Indonesia di lapangan silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. 

Kedua kepala negara juga melakukan sesi foto bersama di Patung Kereta Kuda Arjuna di pintu barat Monumen Nasional. Kemudian, pada pukul 13.15 WIB, Jokowi dan Modi akan meninjau Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement