Selasa 27 Feb 2018 15:35 WIB

Anies: Pembersihan Danau Harus dari Hulu

Ada 12 danau di Jakarta Utara bakal dibersihkan seperti Danau Sunter

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Bilal Ramadhan
Petugas mengerjakan penataan Danau Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (22/2).
Foto: Republika/Inas Widyanuratikah
Petugas mengerjakan penataan Danau Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (22/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, menjadikan danau lebih indah tak cukup dengan membersihkan danaunya saja. Dia menilai, hal yang tak kalah penting untuk kebersihan sebuah danau adalah membersihkan aliran dari hulu hingga ke danau tersebut.

"Kalau mau memastikan danau bersih, bisa dipakai, maka aliran air menuju danau kemudian waduk harus bersih. Dan mulai dari mana? Ya dari aliran itu, baik di hulu, di tengah, maupun menjelang sampai ke danau," kata dia di Srengseng, Jakarta Barat, Selasa (27/2).

Anies mengatakan, Jakarta memang harus memperbanyak ruang terbuka hijau (RTH) dan ruang terbuka biru (RTB). Menurutnya, bukan hanya RTH yang dibutuhkan Jakarta, tapi juga RTB. Anies juga mengajak seluruh warga Ibu Kota menjaga danau yang ada, termasuk aliran airnya yang bermuara di danau tersebut.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno sebelumnya menjanjikan akan membersihkan 12 danau di Jakarta Utara (Jakut) usai 'kalah' duel dalam acara Festival Danau Sunter. Pembersihan danau-danau itu akan dilakukan oleh Pemkot Jakarta Utara.

"Di Jakut ada 12 danau yang nantinya bakal dibersihkan oleh pemkot. Kita juga mengucapkan terima kasih atas kerja keras pemkot membersihkan Danau Sunter ini," kata Sandi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement