Senin 29 Jan 2018 16:48 WIB

Lulung Sebut Protes Sopir Angkot Tanah Abang 'Ditumpangi'

Lukung mengusulkan solusi untuk angkot adalah merekayasa rute baru bagi mereka.

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Andi Nur Aminah
Kendaraan angkutan umum jurusan Tanah Abang terparkir saat melakukan aksi demo di Kawasan Tanah Abang, Jakarta, Senin (29/1).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Kendaraan angkutan umum jurusan Tanah Abang terparkir saat melakukan aksi demo di Kawasan Tanah Abang, Jakarta, Senin (29/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPRD DKI Abraham Lunggana alias Haji Lulung menganggap aksi sopir angkot yang memblokir jalur Bus Transjakarta di kawasan Tanah Abang 'ditumpangi' oknum tertentu. Ia menilai hal tersebut dari indikasi adanya inkonsistensi atau permintaan sopir angkot yang berubah-ubah.

"Dari kemarin sampai sekarang beda lagi, sekarang pokoknya PKL Jatibaru itu pergi, jangan bedagang lagi. Kemarin mereka minta ke atas (melewati fly over, Red), kan saya yang turun (ke lapangan, Red). Kalau saya suudzon itu ditumpangi," kata dia usai bertemu Anies-Sandi di Balai Kota, Senin (29/1).

 

 

 

photo
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana atau Haji Lulung.

Lulung menilai, jalan yang bisa ditempuh sebagai solusi untuk angkot adalah merekayasa rute baru bagi mereka. Ia mengklaim, sebagian besar sopir angkot setuju solusi itu sebagai kompensasi dari beroperasinya Bus Transjakarta di kawasan Tanah Abang yang dinilai 'mengambil' penumpang angkot.

Menurutnya, perubahan rute beberapa angkot dianggap bisa mengurai kemacetan yang juga terjadi di Tanah Abang. Ia meyakini, perubahan rute itu bisa menjawab kemacetan yang sekarang terkonsentrasi di titik-titik tertentu akibat penutupan Jalan Jatibaru.

Lulung mengklaim, penataan Tanah Abang saat ini yang bersifat sementara sudah relatif lebih baik dari sebelumnya. "Sekarang Tanah Abang Exploler sudah 19 ribu (penumpang, Red), itu kan bagus," ujar Lulung.

 

photo
Sopir angkutan umum jurusan Tanah Abang melakukan aksi demo di Kawasan Tanah Abang, Jakarta, Senin (29/1).

Bus Transjakarta Explorer di kawasan Tanah Abang pada Senin (29/1) tak bisa beroperasi. Jalanan yang menjadi rute Transjakarta di kawasan tersebut diblokade sopir angkutan kota. Sopir angkot dari beberapa trayek yang melewati kawasan Tanah Abang juga berdemo di Balai Kota pekan lalu.

Mereka meminta Jalan Jatibaru kembali dibuka agar angkot bisa lewat. Beberapa angkot yang terdampak adalah M08 rute Tanah Abang-Jakarta Kota, angkot M09 rute Tanah Abang-Kebayoran, angkot M10 rute Tanah Abang-Jembatan Lima. Juga angkot M11 rute Tanah Abang-Meruya dan JB03 rute Grogol-Tanah Abang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement