Senin 16 Oct 2017 09:09 WIB

Pemenang Karnaval TOF Diumumkan 17 Oktober

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Gita Amanda
Peluncuran event Tasikmalaya Oktober Festival di Gedung Sapta Pesona, Rabu (4/10).
Foto: Dok: Humas Kemenpar
Peluncuran event Tasikmalaya Oktober Festival di Gedung Sapta Pesona, Rabu (4/10).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Perlombaan karnaval di acara Tasikmalaya Oktober Festival (TOF) 2017, Ahad (15/10) diramaikan oleh puluhan peserta. Rencananya pemenang lomba akan diumumkan pada 17 Oktober mendatang.

Mengambil titik start di sekitar Taman Kota para peserta karnaval melewati Jalan Otto Iskandar Dinata menuju panggung kehormatan di depan alun-alun Tasikmalaya dan berakhir di Jalan Sutisna Senjaya. Berbagai karya seni ditampilkan oleh masing-masing peserta. Karya-karya itu memperoleh penilaian dari para dewan juri yakni Nanang Nurjamil, Bode Riswandi dan Ira Harpi. Ketiganya terkenal sebagai budayawan Tasikmalaya.

Nanang Nurjamil menyebut terdapat 42 peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perusahaan, komunitas yang mengikuti karnaval. Temanya, kata dia, mengangkat potensi lokal. Salah satu kriteria penilaian yaitu jumlah anggota dari masing-masing peserta harus 17 orang. Hal itu berkaitan dengan tanggal lahir Kota Tasikmalaya. Ada pula penilaian harmonisasi, kekompakan dan harus mencerminkan delapan produk unggulan Kota Tasikmalaya yaitu, payung geulis, kelom geulis, bordir, anyaman bambu, anyaman mendong, batik, pengolahan kayu dan pariwisata.

"Insyaallah, hasil dari penilaian ini akan diumumkan pada acara puncak HUT Kota Tasikmalaya pada 17 Oktober mendatang," katanya usai karnaval, Ahad (15/10).

Sedangkan dewan juri lainnya, Bode Riswandi mengatakan penilaian juga dilihat dari khasanah lokal, kearifan lokal dan home industry Tasikmalaya yang diangkat menjadi kostum.

"Itu yang lebih baik artinya tidak menjadi Jember sentris sehingga kami mempunyai identitas tersendiri," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement