Jumat 29 Sep 2017 18:20 WIB

530 Pohon di Kawasan Sudirman-MH Thamrin akan Dipindah

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nidia Zuraya
Kawasan Jl Jenderal Sudirman Jakarta.
Foto: Dok. Republika
Kawasan Jl Jenderal Sudirman Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Provinsi DKI Jakarta Saefullah mengatakan ada 530 pohon yang dipindah dari pemisah jalur cepat lambat Sudirman-MH Thamrin. Sementara itu, 1140 pohon lainnya di sisi trotoar dipertahankan.

"Sudah mulai penopingan," ujar Saefullah di Balai Kota, Jumat (29/9).

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Djafar Muchlisin sebelumnya mengakui ada 530 pohon yang akan dipindahkan dari pemisah jalur cepat lambat. Kemudian trotoar, Djafar melanjutkan, juga akan dilebarkan.

"Sehingga antara pedestrian (trotoar) dengan jalan nanti akan dibuat taman sepanjang jalan sehingga otomatis pedestrian (trotoar) jadi lebar," ujar Djafar di Jakarta.

Penopingan hampir 130 sampai 140 pohon ini sudah dimulai. Saat pemindahan, pelaksanaan perlakuan satu pohon bisa mencapai tiga sampai empat jam. Supaya akar pohon bisa terangkat dengan baik.

"Nanti pengangkatannya minta tolong tim ada alat berat karena yang nanti kerjakan (mindahin pohon) dari mereka, kita hanya mengawasi dan ketika mereka mendesain gambarnya, kita kasih tahun ingin ada ini, ada ini, saat pelaksanaannya juga kita awasi. Bukan kita kerjakan,"katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement