Jumat 01 Sep 2017 14:02 WIB

Jumlah Hewan Kurban Masjid Raya Bandung Menurun

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Ratna Puspita
Warga menarik sapi kurban akan disembelih saat Hari Raya Iduladha 1438 H di Lapangan Pirus Permata Depok, Jabar, Jumat (1/9). Pada Hari Raya Kurban, kaum muslim menyembelih hewan kurban dan kemudian membagikan dagingnya kepada fakir miskin dan duafa.
Foto: ANTARA/Andika Wahyu
Warga menarik sapi kurban akan disembelih saat Hari Raya Iduladha 1438 H di Lapangan Pirus Permata Depok, Jabar, Jumat (1/9). Pada Hari Raya Kurban, kaum muslim menyembelih hewan kurban dan kemudian membagikan dagingnya kepada fakir miskin dan duafa.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Jumlah hewan kurban yang dititipkan ke Masjid Raya Provinsi Jawa Barat mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Pada perayaan Idul Adha tahun ini, pihak DKM Masjid Raya Bandung memotong delapan ekor sapi dan sembilan ekor kambing/domba sumbangan dari masyarakat.

Ketua DKM Masjid Raya Provinsi Jawa Barat, Cece Subrata mengatakan jumlah ini berkurang cukup banyak dari tahun sebelumnya yang total mencapai 31 hewan kurban. Begitupun jumlah penerima daging kurban juga mengalami penurunan dibanding tahun lalu.

"(Tahun ini) sapi delapan, domba sembilan ini yang sekarang mustahiknya 3.500. Tahun kemarin 11 (hewan kurban), domba 20. Kemarin, 4.000 (mustahiknya),"kata Cece di sela pemotongan hewan kurban di Masjid Raya Provinsi Jawa Barat, Jalan Asia-Afrika, Kota Bandung, Jumat (1/9).

Cece mengatakan sumbangan sapi berasal di antaranya dari Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, perwakilan Bank Jabar-Banten (BJB), salah satu perusahaan BUMN dan kolektif masyarakat. Termasuk domba dan kambing dari sumbangan masyarakat.

Penurunan jumlah hewan kurban yang dipotong tidak serta merta berarti ada penurunan kadar keimanan masyarakat. Ia memperkirakan, penurunan hewan kurban bisa saja karena masyarakat banyak menitipkan hewan kurban ke tempat lain.

"Faktor ekonomi saya nggak tahu, bisa juga. Tapi, bisa saja banyak yang memilih menyalurkannya langsung ke daerah-daerah, atau memilih mendistribusikannya melalui lembaga penyalur daging kurban," ujar dia. 

Menurut dia, saat ini banyak daerah, baik di dalam dan di luar negeri, yang sedang mengalami musibah. Dengan demikian, kemungkinan banyak kurban yang disalurkan kepada masyarakat yang jauh lebih membutuhkan.

"Kuantitas (hewan kurban) memang menurun, tapi yang penting nilai ibadah dan sosialnya sama. Bapak Presiden juga kan tahun lalu nitip kesini, sekarang di Sukabumi," kata dia. 

Jumlah hewan kurban yang disembelih di Masjid Raya Bandung akan disalurkan bagi 3.500 mustahik yang telah didata oleh panitia masjid. Ia pun berharap jumlah tersebut bisa mencukupi kebutuhan yang berhak menerima. Pembagian daging kurban akan dimulai pada sekitar pukul 15.00 WIB nanti.

Sementara itu, total hewan kurban yang dibagikan kepada masyarakat dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebanyak  1.734. Dengan rincian, sapi 718 ekor dan domba 1.016 ekor. Jumlah ini merupakan sumbangan dari pejabat-pejabat dan ASN di lingkungan Pemprov Jabar yang disebar ke berbagai daerah di Jawa Barat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement