Jumat 01 Sep 2017 08:17 WIB

Shalat Id di Sukabumi, Jokowi Ikuti Jejak Soekarno

Rep: Riga Nurul Iman/Dessy Suciati Saputri/ Red: Ratna Puspita
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunaikan ibadah Shalat Idul Adha 1438 H di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (1/9).
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunaikan ibadah Shalat Idul Adha 1438 H di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (1/9).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz merasa bangga dengan kehadiran Presiden Joko Widodo dalam pelaksanaan shalat Idul Adha di Lapangan Merdeka, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (1/9). Sebab, hal ini mengulangi sejarah kehadiran presiden dalam shalat Idul Adha di Sukabumi.

Sebelumnya, Muraz mneyebutkan, pada 1952 Presiden ke-1 Ri Soekarno juga menghadiri Shalat Idul Adha di Lapangan Merdeka, Kota Sukabumi. “Ini menjadi catatan sejarah tersendiri dalam shalat Idul Adha dilaksanakan bersama dengan presiden dan ibu negara,” ujar Muraz saat memberikan sambutan sebelum Shalat Idul Adha.

Muraz berharap kehadiran presiden dapat mempererat tali silaturahim. Selain itu, dia mengatakan, Pemkot Sukabimi memohon maaf bila ada kekurangan dalam penyambutan presiden.

Jokowi shalat id bersama dengan Ibu Iriana Jokowi di Lapangan Merdeka Sukabumi. Presiden tiba di Lapangan Merdeka pada pukul 06:00 WIB dengan mengenakan kemeja putih yang dibalut jas hitam serta sarung hitam bermotif, dan mengenakan peci hitam. 

Jokowi shalat di jajaran atau shaf paling depan bersama para pejabat pusat hingga daerah. Presiden Jokowi juga didampingi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Kepala Kantor Staf Presiden Teten Masduki. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan juga tampak hadir. 

Di hadapan Presiden, Muraz menjelaskan Kota Sukabumi dengan luas 48 kilometer persegi dan 323 ribu penduduk dapat hidup rukun dan damai. Dia berujar visi dan misi kota yakni dengan iman dan takwa mewujudkan pemerintahan rahmatan lil alamin.

Dalam kesempatan tersebut, Muraz menjelaskan, sejumlah prestasi yang diraih Kota Sukabumi dalam ajang nasional. Momen ini juga dijadikan laporan bagi Wali Kota Sukabumi terkait rencana pembangunan lintasan double track kereta Sukabumi- Bogor.

Salah seorang warga Kota Sukabumi Hanif (43 tahun) mengatakan, warga Sukabumi merasa bangga dengan kehadiran Jokowi dalan shalat Idul Adha di Sukabumi. ‘”Momen ini jarang terjadi dan warga menyambut positif,” kata dia.

Shalat Ied di Lapangan Merdeka Sukabumi ini diimami oleh KH Mahfud Ghozali dengan khotib Prof Dr Deddy Ismatullah Mahdi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement