Kamis 17 Aug 2017 10:40 WIB

TGB: Indonesia Karunia Allah yang Harus Kita Syukuri

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Bayu Hermawan
Tuan Guru Bajang bersama warganya.
Foto: dok Nahdlatul Wathan
Tuan Guru Bajang bersama warganya.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH Muhammad Zainul Majdi mengajak seluruh elemen bangsa mensyukuri karunia yang telah diberikan Allah SWT kepada Indonesia.

"Harus kita syukuri, Indonesia ini karunia Allah SWT," ujar pria yang dikenal dengan Tuan Guru Bajang (TGB) sesaat sebelum upacara kemerdekaan RI di Kantor Gubernur NTB, Jalan Pejanggik, Mataram, NTB, Kamis (17/8).

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), TGB menyampaikan, Indonesia memiliki begitu banyak suku, sekurangnya 1.300 suku dengan 1.200 bahasa dari Sabang sampai Merauke.

Keragaman sebanyak ini, lanjut TGB, tidak dijumpai pada negara-negara lain. TGB menuturkan, banyak negara dengan etnis dan bahasa yang tidak beragam justru mengalami perpecahan.

"(Negara) yang bahasanya hanya satu-dua, dengan dua-tiga etnis bisa pecah. Kita dikasih kemewahan oleh Allah SWT menjadi keluarga besar bernama Indonesia, ini yang harus kita syukuri," katanya.

TGB mengajak seluruh anak bangsa untuk mengembangkan sikap lapang dada dengan menerima dan saling mengisi segala kelebihan dan kekurangan yang ada

"Mungkin kedengaran klise tapi itulah kunci dalam membangun negara kita termasuk di NTB, satu sama lain harus saling mengokohkan. Saya pikir kalau ada kesadaran bersama saling mengokohkan kita akan menjadi bangsa yang kuat," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement