Rabu 01 Mar 2017 13:02 WIB

16 Pangeran Arab Saudi akan Menanam Pohon Kenari di Istana Bogor

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Nidia Zuraya
Lokasi penanaman pohon Raja Salman dan pangeran bersama Presiden Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat.
Foto: Republika/ Wihdan
Lokasi penanaman pohon Raja Salman dan pangeran bersama Presiden Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Seperti penyambutan yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk perwakilan negara lain di Istana Kepresidenan di Bogor, Jawa Barat, Presiden Jokowi juga akan mengajak Raja Arab Saudi, Salman bib Abdulaziz bin Al Saud untuk menanam pohon. Namun, kali ini tidak hanya Raja Salman saja yang akan menanam pohon, kegiatan serupa juga akan dilakukan oleh para pangeran Kerajaan Arab Saudi.

Pihak Istana Negara sudah menyiapkan lahan khusus di depan gedung serbaguna. Sebanyak 18 pohon telah disiapkan. Dalam penaman pohon ini, telah disediakan karpet hijau dan ember hijau yang hampir sewarna ‎dengan lambang bendera Arab Saudi.

‎Kepala Bagian media, Biro pers media Istana Negara‎ Yudhi Wijayanto‎ mengatakan, Presiden Jokowi akan mengajak Raja Salman untuk menanam pohon. Raja Salman dan Presiden akan menanam pohon Kayu Ulin atau Kayu besi.

"Tapi untuk 16 pangeran yang ikut menanam nantinya menanam pohon kenari," kata Yudhi, Rabu (1/3).

Lihat juga: Sambil Menunggu Raja Salman, Polisi Ajak Para Siswa Tepuk Teletubbies

Rangkaian rombongan Raja Salman telah tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma. ‎Raja Salman kemudian akan bergerak ke Istana Kepresidenan di Bogor. 

Sebelum melakukan penanaman pohon, Jokowi dan Raja Salman akan berdua menaiki kendaraan Golf Buggy untuk mengitari sejenak taman di depan pintu gedung utama. Jokowi bahkan akan menjadi supir dalam kendaraan ini.

Jokowi akan membawa Raja Salman ke halaman belakang Istana Negara untuk turut serta melakukan penaman pohon. Selain pak Jokowi dan Raja Salman yang melakukan penanaman, pangeran yang ikut serta dalam rombongan juga akan ikut menanam pohon.

Setelah melakukan penanaman pohon, Raja Salman dan 16 Pangeran akan naik ke beranda belakang untuk mengisi buku tamu. Di beranda akan ada perbincangan empat mata dan menghadap taman yang ada di belakang Istana.

Pasca perbincangan, semua pihak akan ikut serta untuk jamuan makan siang yang dilanjut dengan pertemuan bilateral kedua negara. Akan ada juga penandatanganan nota kesepahaman antara kedua belah pihak yang memang sudah dipersiapkan oleh masing-masing Kementerian.

"Setelahanya ada pemberian penganugerahan bintang Indonesia untuk Raja Salman," ujar Yudhi. Sekitar pukul 16.45 WIB, Raja Salman dan rombongan akan meninggalkan Istana Negara.‎

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement