Sabtu 31 Dec 2016 17:36 WIB

Malam Tahun Baru di Tempat Ibadah Bisa Menarik Perhatian Dunia

Rep: Ali Mansur/ Red: Budi Raharjo
Dzikir Nasional Republika
Foto: Republika/ Wihdan
Dzikir Nasional Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang malam pergantian tahun 2016/2017 banyak ajakan untuk merayakannya dengan acara religius di tempat ibadah. Seperti yang dilakukan oleh walikota Padang, Kapolsek Ciawi, ormas keagamaan bahkan sejumlah ormas kepemudaan.

Mereka telah menghimbau dan memfasilitasi acara pergantian tahun dengan kegiatan zikir, muhasabah dan berbagai kegiatan ibadah di masjid dan tempat ibadah lainnya. Menanggapi hal itu, wakil ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Sodik Mudjahid memberikan apresiasi kepada mereka.

Sodik menganggap kegiatan tersebut sebagai kegiatan  super. Kemudian juga kegiatan tersebut mempunyai multi manfaat tinggi yang sangat berguna bagi bangsa Indonesia. Terus juga dapat menekan angka kemacetan dan gangguan keamanan yang biasa timbul dalam pergantian tahun.

“Kegiatan ini juga mengantarkan bangsa Indonesia yang Pancasilais dan berketuhanan kepada pintu barokah dari Allah dalam berbagai bidang kehidupan,” jelas Politikus Partai Gerindra ini, Sabtu (31/12).

Disamping itu kegiatan ini juga untuk mempertontonkan kepada dunia sebuah budaya baru yang inovatif dan penuh manfaat dalam menyambut malam tahun baru. Acara ini sebagai alternatif acara menyambut tahun baru yang sudah ribuan tahun dengan acara-acara klise seperti pesta kembang api.

Sodik mengatakan apabila inovasi budaya baru ini ditangani dengan profesional maka akan memberi manfaat yang luar biasa. Di antaranya, memperkokoh keberadaan dan kekhasan Indonesia sebagai negara Pancasila yakni masyarakat yang religius, beragam, rukun tapi terus memodernisasi diri. Kemudian juga bermanfaat sebagai daya tarik dunia.

“Ini jadi alternatif wisata tahun baru ke Indonesia. Apalagi jika spiritual di tempat ibadah dikemas dan diperlihatkan dengan cara modern tanpa mengubah niat, misi, dan misi serta kontennya,” tambahnya.

Maka dari itu Sodik mengimbau stokeholders untuk mendukung dan menumbuh suburkan budaya baru khas Indonesia dalam menyambut malam pergantian tahun baru. Sodik juga mengucapkan selamat tahun baru 2017 kepada seluruh rakyat Indonesia. Dia berharap masyarakat dan bangsa Indonesia semakin maju, semakin barokah, adil makmur sejahtera, semakin eksis dan dihormati dalam kehidupan pergaulan international.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement