Jumat 14 Oct 2016 12:35 WIB

Hendropriyono Terima Gelar Pangeran Harya

A.M. Hendropriyono
Foto: Antara/Widodo S. Jusuf
A.M. Hendropriyono

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Milad Kesultanan Banjar ke-52 tahun 2016 ini, akan memberikan gelar kebeberapa tokoh lokal dan nasional termasuk kepada Jenderal TNI (Purn) Prof DR AM Hendropriyono.Sultan Banjar Khairul Saleh menyatakan Hendroproyono akan diberikan gelar keagungan Pangeran Harya.

Mantan bupati Banjar tersebut menjelaskan, Pangeran Harya adalah anugerah tertinggi yang diberikan bagi seseorang yang terbukti mendermabaktikan dirinya kepada bangsa dan negara termasuk banua.

Pemberian gelar tidak sembarangan, Hendroproyono adalah kerabat kesultanan Banjar. Datu beliau adalah Raden Tumenggung Soeria Koesuma Ronggo di Banjarmasin. Dia merupakan keturunan langsung Datu Pangeran Tumenggung Soeria Koesuma yang menjadi pembesar zaman kerajaan dulu, kata Khairuil Saleh.

Penghargaan diberikan sebagai pengakuan atas kontribusinya dalam pembangunan bangsa dan negara, serta peran menonjolnya sebagai pemuka masyarakat Indonesia dalam menjaga kerukunan dan semangat kebangsaan, tambahnya.

Anugerah kesultanan yang diberikan oleh Kesultanan Banjar tersebut dilaksanakan di Kuin Utara, tepatnya Masjid Sultan Suriansyah Banjarmasin Sabtu (22/10) mendatang.Hal tersebut tertuang dalam rapat dewan mahkota Kesultanan Banjar sekaligus untuk menetapkan siapa yang akan menerima anugerah kesultanan tersebut, demikian Khairul Saleh.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement