Jumat 07 Oct 2016 09:35 WIB

'Ahok dan Ayat Al Maidah' Versi yang Mendukung Ahok

Video Ahok yang menjadi viral di sosial media.
Foto: Youtube
Video Ahok yang menjadi viral di sosial media.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertarungan opini di lini masa terkait pernyataan Gubernur DKI pejawat Basuki Tjahaja Purnama yang mengutip surat Al-Maidah terus berlangsung. Setelah petisi yang meminta Ahok agar meminta maaf atas ucapannya, kini muncul juga tulisan tentang 'Ahok dan Ayat Al Maidah'.

Tulisan ini memberikan pembelaan terhadap Ahok. "Ahok sama sekali tidak menghina Alquran. Ia hanya mengomentari fenomena memanipulasi kesadaran orang dengan memakai ayat Al Maidah dan ayat-ayat lainnya untuk melarang pemimpin non-Muslim. Padahal konstitusi kita tegas membolehkannya." jelas tulisan tersebut.

Menurut tulisan itu, situasi ini sama seperti saat bagaimana ekstremis-ektremis memanipulasi kesadaran publik dengan memakai ayat-ayat jihad. "Misal ketika kita bilang, 'jangan mau dibodohi teroris dengan ayat-ayat jihad' Apakah itu menghina Alquran?Tentu tidak!," lanjut tulisan tersebut.

"Yang dipersoalkan Ahok bukan ayat-ayat Alquran yang suci dan mulia, tetapi ulah sekelompok orang  yang mempolitisinya untuk mengobarkan sentimen SARA."

Sekali lagi, jelas tulisan itu, ini bukan melecehkan Islam tapi justru  mengingatkan bahwa ayat'ayat Kitab Suci agama apapun bisa disalahgunakan sekelompok orang untuk menghancurkan  toleransi, kebhinekaan dan perdamaian.

Tulisan ini dikicaukan oleh Akhmad Sahal, aktivis Jaringan Islam Liberal. "Penjelasan masuk akal tentang 'Ahok dan Al Maidah'," tuturnya, Jumat. Anggota tim sukses Ahok Mohamad Guntur Romli turut mengicaukan ulang.

Baca juga,  Video Ahok Anda Dibohongi Alquran Surat Al Maidah Viral di Medsos.

Saat ini di Youtube beredar video berjudul 'Ahok: Anda Dibohongi Al-Quran Surat Al-Maidah 51'. Video tersebut tengah menjadi viral di sosial media baik Facebook ataupun Twitter

Video yang diunggah sejak 5 Oktober kemarin itu, banyak dilihat pengunjung jejaring sosial video tersebut.

 

Dalam video tersebut, Ahok terlihat mengatakan, "Bapak Ibu ndak Bisa memilih Saya. dibohongi pake surah Al-Maidah 51 dan macem-macem itu. Itu hak bapak ibu. Ya, jika Bapak Ibu perasaan tidak bisa pilih nih karena saya takut masuk neraka, dibodohin gitu ya, ya enggak apa-apa? Karena inikan panggilan pribadi bapak-ibu. Program ini jalan saja. Jadi, bapak ibu tak usah merasa enggak enak dalam nuraninya enggak bisa memilih Ahok."

 

Saat Dikonfirmasi, Juru Bicara Timses Ahok-Djarot, Ruhut Sitompul membantah kalau Ahok menyebut Surat Al Maidah bohong. Menurut Ruhut, ada orang yang sengaja memelintir pernyataan Ahok untuk memainkan isu SARA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement