Kamis 06 Oct 2016 20:34 WIB

Hujan Lebat Diperkirakan Guyur Sebagian Indonesia Tiga Hari Ini

Rep: Qommaria Rostanti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ilustrasi hujan
Foto: EPA/Alaa Badarneh
Ilustrasi hujan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Kondisi tersebut diperkirakan terjadi di wilayah Indonesia sebelah selatan equator dalam periode tiga hari ke depan.

Beberapa wilayah tersebut yakni Jabodetabek, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan bagian selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua Barat.

"Masyarakat diiimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan jalan licin," ujar Deputi Bidang Meteorologi Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yunus Subagyo Swarinoto, Kamis (5/10).

Selain itu, bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan dan masyarakat yang berlibur ke wilayah pesisir diimbau untuk mewaspadai potensi gelombang laut tinggi dengan ketinggian antara 2,5 hingga 4,0 meter di Samudra Hindia Barat Bengkulu hingga selatan NTB, Laut Arafuru bagian Timur.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam dapat menghubungi melalui call center 021-6546318, situs http://web.meteo.bmkg.go.id, Twitter @infobmkg, playstore: info BMKG,  atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement