Jumat 23 Sep 2016 16:54 WIB

Mobil Pembawa Uang Rp 106 Miliar Diikuti Dua Mobil Perampok

Rep: Riga Iman/ Red: Ilham
Mobil pembawa uang (ilustrasi)
Mobil pembawa uang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Polres Cianjur menggagalkan upaya perampokan terhadap kendaraan pembawa uang milik PT Abacus Cash Solution, Jumat (23/9), dini hari. Di dalam mobil tersebut terdapat uang yang nilainya cukup besar, yakni Rp 106 miliar.

Informasi dari Polres Cianjur menyebutkan, percobaan perampokan dilakukan di Jalan Pramuka, Desa Bojong, Kecamatan Karangtengah, Cianjur sekitar pukul 02.00 WIB. "Ada dua kendaraan yang sejak awal mengikuti mobil yang membawa uang,’’ kata Kapolres Cianjur AKBP Asep Guntur Rahayu kepada wartawan di Mapolsek Karangtengah, Jumat (23/9), siang.

Mobil Isuzu dengan nomor polisi B 9485 SCD tersebut ditumpangi tiga orang penumpang, yakni dua orang karyawan PT Abacus, Yogie (32 tahun) dan Regi (30), dan satu orang aparat kepolisian Bripda Ricky Julianto dari Polda Jawa Barat. Sementara, dua mobil yang mengikuti mereka adalah jenis minibus. Kedua kendaraan tersebut telah mengikuti sejak perbatasan Sukabumi-Cianjur.

Masuk ke wilayah Cianjur, di Jalan Pramuka, salah satu kendaraan mendahului kendaraan pembawa uang. Asep mengatakan, aparat kepolisian yang ada di mobil Isuzu meminta sopir untuk menyalip kembali kendaraan tersebut. Akibatnya, sempat terjadi saling gesekan antara kedua mobil hingga akhirnya mengarah ke pos polisi di perempatan Jalan Pramuka-Jalan Raya Bandung.

"Bripda Ricky turun dan menahan mobil yang sempat menyalip,’’ kata Asep.

Selanjutnya, salah seorang pelaku, yakni Hartadi Ganda Sukmana (35) berhasil dilumpuhkan dan ditangkap aparat Polsek Karangtengah. Sementara, satu mobil komplotan perampok berhasil melarikan diri ke arah Bandung.

Ditambahkan Asep, polisi menemukan sejumlah barang bukti dari dalam mobil Avanza D 1496 XY milik tersangka. Di dalam mobil tersangka ditemukan barang bukti ID Card dan seragam karyawan atas naman IW. Saat ini, ungkap Asep, masih diselidiki perannya dalam upaya percobaan perampokan ini.

Namun, dugaan awal perampokan ini hampir sama modusnya dengan aksi serupa di wilayah Subang beberapa waktu lalu. Asep menuturkan, saat ini polisi masih melakukan pemeriksaan terhadap tersangka Hartadi dan sopir pembawa uang Regi. Sementara uang sebesar Rp 106 miliar telah dibawa ke Bandung dengan pengawalan ketat aparat kepolisian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement