Senin 12 Sep 2016 21:08 WIB

Puluhan Hewan Kurban di Surabaya Terkena Cacing Hati

Cacing hati pada hewan
Foto: Antara
Cacing hati pada hewan

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Dinas Pertanian Kota Surabaya menemukan puluhan hewan kurban terkena cacing hati. Kepala Dinas Pendapatan Surabaya Justamadji mengatakan Dinas Pertanian bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jatim I melakukan pemeriksaan hewan kurban di 263 tempat penyembelihan.

"Hasil monitoring dan pemeriksaan terhadap 1.784 ekor sapi, 4.473 ekor kambing, ditemukan cacing hati pada 42 ekor hewan kurban," katanya, Senin (12/9).

Menurut dia, temuan itu terjadi hampir merata di 31 kecamatan di Kota Surabaya. Ia menduga pada saat pemeliharaan hewan tersebut tidak rutin diberi obat cacing. Meski demikian, lanjut dia, pihaknya tidak memungkiri jika kejadian tersebut banyak terjadi di pada hewan kurban lainnya di luar pemeriksaan petugas. Hal ini dikarenakan keterbatasan tenaga dari dinas pertanian yang melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban.

"Ya mungkin saja terjadi. Ini karena keterbatasan tenaga. Kami hanya memantau 263 lokasi," katanya.

Sementara itu, kata dia, untuk hewan kurban yang terdapat kena cacing hati, pihaknya meminta warga tidak mengonsumsinya.

"Kalau dagingnya boleh dikonsumsi, tapi hatinya yang tidak boleh, sebaiknya dibuang atau dimasukkan ke dalam tanah" katanya.

Ia mengatakan jika hati tersebut tetap dikonsumsi maka bisa jadi warga yang mengkonsumsi hati tersebut akan terkena diare alergi dan penyakit lainnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement