Sabtu 03 Sep 2016 23:15 WIB

Dinsos Libatkan Karang Taruna Entaskan Kemiskinan

Salah satu potret kemiskinan di ibukota (ilustrasi).
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Salah satu potret kemiskinan di ibukota (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Dinas Sosial Makassar menggandeng Karang Taruna untuk menyelesaikan berbagai persoalan sosial di kota ini, utamanya pada pengentasan kemiskinan.

"Dalam mengentaskan kemiskinan dan permasalahan sosial lainnya itu bukan hanya tanggung jawab dari pemerintah tetapi semua pihak," ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Makassar Mukhtar Tahir di Makassar, Sabtu.

Dia mengatakan, beberapa organisasi kemasyarakatan maupun organisasi kepemudaan bisa membantu pemerintah dalam menjalankan beberapa programnya, khususnya yang menyentuh langsung ke masyarakat.

Mukhtar mengaku jika kelompok kepemudaan seperti karang taruna ini punya cara dan bisa diajak bersinergi dalam memberdayakan potensi warga khususnya bagi masyarakat prasejahtera.

"Untuk menguatkan pengaktuliasasian peran dan fungsi Karang Taruna itu, maka kita mengadakan rapat forum koordinasi pada kegiatan Karang Taruna itu dan mencari formulasi untuk dijalankan," katanya.

Ia mengatakan bahwa peran Karang Taruna dalam menyelesaikan persoalan sosial terutama pada persoalan kemiskinan sangat penting sehingga Karang Taruna diharapkan bisa berkontribusi kepada masyarakat.

"Karang Taruna memiliki potensi sosial yang sangat besar, kalau kita kompak dan berjalan bersama-sama maka persoalan sosial terutama pengentasan kemiskinan bisa kita tuntaskan," jelasnya.

Kontribusi nyata Karang Taruna yang sangat besar, menurut dia, adaalah dengan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait masalah sosial beserta solusi mengatasinya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement