Ahad 10 Jul 2016 09:55 WIB

Objek Wisata Kulon Progo Alami Penurunan Wisatawan

Objek Wisata Kalibiru, Kulonprogo, Yogyakarta
Foto: ROL/Winda Destiana
Objek Wisata Kalibiru, Kulonprogo, Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, KULON PROGO -- Jumlah pengunjung objek wisata pantai di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada libur Lebaran 2016 mengalami penurunan antara 25-30 persen karena perkembangan objek wisata baru di Kawasan Bukit Menoreh.

 

Koordinator Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Glagah Agus Subiyanto di Kulon Progo, Ahad, mengatakan jumlah pengunjung Pantai Glagah lebaran tahun ini ada penurunan dari Lebaran 2015.

"Penurunan pengunjung disebabkan perkembangan objek wisat baru di Kawasan Bukit Menoreh dan Kecamaten Brebes yang menyebabkan pemudik pulang ke asal lebih awal. Biasanya, dua hari terakhir saat lebaran, pemudik menyerbu objek wisata," kata Agus.

Ia mengatakan dengan adanya pemberlakuan kenaikan retribusi menjadi Rp5.000 per orang di seluruh objek wisata membuat jumlah pengunjung juga menjadi turun. Hal ini dikarenakan sosialisasi kenaikan retribusi sangat kurang, bahkan terkesan mendadak.

"Kami harus menjelaskan kepada pengunjung terkait kenaikan retribusi. Selain itu, satu karcis retribusi diberlakukan untuk semua objek wisata. Kami berharap Disparpora mengevaluasi kembali kenaikan retribusi dan melakulan sosialisasi sebelum memberlakukan aturan baru," kata dia.

Kasi Sarana dan Prasarana Objek Wisata Disparpora Kulon Progo Kuat Tri Utama mengatakan target kunjungan wisata saat libur lebaran tahun ini sebanyak 50 ribu orang. Berdasarkan data yang masuk pagi ini, jumlah pengunjung objek wisata beretribusi untuk TPR Glagah sebanyak 12.898 orang, TPR Glagah II 3.814, Gua Kiskendo 1.560 orang, Pantai Congot 4.282, Pantai Trisik 900 orang, Sermo sebanyak 4.923 orang dan Suroloyo 950 orang.

Objek wisata yang mengalami kenaikan jumlah pengunjung adalah Waduk Sermo. Hal ini didongkrak oleh kunjungan wisatawan yang akan berlibur ke Kalibiru dan sekitarnya.

"Total jumlah pengunjung objek wisata beretribusi di Kulon Progo baru mencapai 29.327 orang dari target. Data ini masih sementara, dan kami optimistis target tersebut akan terealisasi. Masih ada satu hari lagi yang akan menentukan kenaikan jumlah pengunjung," kata Kuat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement