Senin 06 Jun 2016 07:26 WIB

Lampung Miliki Pusat Latihan Tempur Marinir

Pasukan Marinir TNI AL
Foto: Blogspot
Pasukan Marinir TNI AL

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Provinsi Lampung memiliki Pusat Latihan Pertempuran (Puslatpur) Korps Marinir-8 di Teluk Ratai yang merupakan satuan baru marinir berkedudukan di daerah Lampung.

Dalam penjelasan tertulis, Senin (6/6) disebutkan bahwa keberadaan Puslatpur di Lampung itu telah diresmikan secara langsung oleh Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Buyung Lalana SE. Puslatpur Korps Marinir-8 Teluk Ratai Lampung yang merupakan satuan baru dan berdomisili di Provinsi Lampung itu berkedudukan langsung di bawah Kolatmar, telah diresmikan pada Jumat (3/6).

"Dengan peresmian Puslatpurmar-8 Teluk Ratai ini diharapkan mampu menambah kapabilitas Kolatmar dan juga dalam rangka meningkatkan kemampuan Daerah Latihan Teluk Ratai dan sekitarnya sebagai kawah candradimuka prajurit-prajurit petarung Korps Marinir," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, letak geografis Teluk Ratai yang strategis berada di ujung selatan Pulau Sumatra dan berbatasan langsung dengan laut, sehingga cukup memadai sebagai sarana latihan lanjutan aspek laut prajurit Korps Marinir berupa renang, dayung, menembus gelombang serta medan belakang pantai yaitu hutan dan perbukitan yang cukup ideal untuk dijadikan tempat latihan operasi tempur darat.

Berdasarkan analisa dan beberapa pertimbangan, maka Korps Marinir merasa perlu segera meresmikan puslatpur ini, dengan harapan setelah diresmikan dapat dilaksanakan program pembangunan fasilitas sarana dan prasarana serta peningkatan kemampuan Puslatpur-8 Teluk Ratai.

Hal ini tidak saja dapat menunjang kepentingan peningkatan profesionalitas satuan-satuan marinir, tetapi juga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan wilayah Teluk Ratai dan sekitarnya, katanya lagi. Komandan Korps Marinir mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terkait atas kerja sama dan bantuan baik moril maupun materiil, sehingga pembentukan Puslatpurmar-8 Teluk Ratai dapat berjalan dengan baik mulai dari tahap perencanaan, persiapan, pembangunan sampai dengan peresmian.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement