Kamis 07 Apr 2016 21:05 WIB

FH UII Susun Buku ‘Pembicaraan Anak Bangsa untuk Negeri’

Rep: Yulianingsih/ Red: Irfan Fitrat
Universitas Islam Indonesia (UII).
Foto: Ist
Universitas Islam Indonesia (UII).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) menyusun buku berjudul Pembicaraan Anak Bangsa untuk Negeri. Buku tersebut berisikan kumpulan esai atau tulisan ilmiah para mahasiswa hukum dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia terkait permasalahan bangsa dan alternatif solusinya. 

Ketua Lembaga Eksekutif FH UII Dico Septiawan menjelaskan, FH UII selama dua hari menggelar acara diskusi mahasiswa dan seminar dengan tajuk besar pembicaraan anak bangsa untuk negeri. “Kemarin kita menggelar forum pemuda berbicara yang dihadiri oleh mahasiswa delegasi beberapa perguruan tinggi di Indonesia,” ujar dia di Yogyakarta, Kamis (7/4).

Forum tersebut dilanjutkan seminar yang mengetengahkan dan mengupas berbagai permasalahan bangsa. Berbagai pemikiran, masalah, dan solusi yang muncul dalam forum inilah yang kemudian dirangkum dalam buku. FH UII berharap buku Pembicaraan Anak Bangsa untuk Negeri ini bisa menjadi salah satu sumbangsih pemuda Indonesia untuk memecahkan persoalan bangsa.

Direktur Pusat Studi Kejahatan Ekonomi FH UII, yang juga menjadi pendamping mahasiswa, Syarif Nurhidayat, mengatakan, forum tersebut dihadiri mahasiswa dari ragam daerah. Seperti delegasi mahasiswa dari Universitas Pattimura, Universitas Sriwijaya, dan Universitas Cenderawasih. Ada juga perwakilan mahasiswa dari perguruan tinggi di Makassar, serta delegasi mahasiswa dari seluruh universitas di Yogyakarta. “Forum ini memunculkan banyak permasalahan yang dibahas dan muncul ide-ide anak bangsa terkait permasalahan itu. Itu semua kita rangkum untuk kemudian dijadikan buku,” kata dia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement