Ahad 28 Feb 2016 17:33 WIB

Promosi UKM dan Seni Cianjur Lewat Saung Rahayat 2016

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Maman Sudiaman
Aktivitas di Saung Rahayat 2016.
Foto: Riga Nurul Iman/Republika
Aktivitas di Saung Rahayat 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -— Masyarakat Cianjur dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Prasetiya Mulya menggelar Saung Rahayat 2016.  Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengembangkan potensi usaha kecil dan menengah (UKM) serta kesenian lokal yang ada di Cianjur.

Kegiatan Saung Rahayat ini dipusatkan di Alun-Alun Kecamatan Cibeber, Cianjur. Dalam acara tersebut digelar bazaar mitra usaha binaan Prasetiya Mulya, lomba menggambar untuk anak-anak, taman bermain anak, dan pawai kesenian lokal di Cibeber yakni Ngarak Posong. 

Koordinator Program Community development (Comdev) STIE Prasetiya Mulya M Setiawan Kusmolyono mengatakan, ajang Saung Rahayat ini merupakan bagian dari program Comdev. ‘’ Ini sudah ketiga kalinya digelar di Cibeber,’’ ujar dia akhir pekan ini. 

Para mahasiswa dalam acara Saung Rahayat ikut mempromosikan produk UKM yang menjadi mitra binaannya. Harapannya, produk dari mitra bisa dikenal luas masyarakat dan lebih berkembang daripada sebelumnya.Sebelumnya ujar, Kusmolyono, para mahasiswa ditempatkan sebulan lebih di rumah para pelaku UKM di Kecamatan Cibeber, Cianjur sejak 21 Januari 2016 lalu. Mereka terbagi ke dalam puluhan kelompok untuk membina 40 UKM.Salah seorang mahasiswa STIE Prasetiya Mulya Gary Evano Daniel mengatakan, selain membantu pengembangan UKM para mahasiswa juga ikut mempromosikan keberadaan kesenian lokal di Cianjur. 

"Salah satunya dengan menggelar atraksi kesenian Ngarak Posong yang merupakan asli Cianjur," cetus dia.Gary menambahkan, dalam ajang Suang Rahayat juga digelar makan atau liwetan bersama masyarakat. Hal ini untuk menjalin keakraban antara masyarakat dengan para mahasiswa.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement