Rabu 02 Dec 2015 20:59 WIB

Cegah ISIS, Pemerintah Lakukan Pendekatan Agama

Rep: C15/ Red: Djibril Muhammad
Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Luhut Binsar Panjaitan mengatakan salah satu cara pemerintah agar ISIS tak menjadi ancaman di Indonesia melalui pendekatan agama.

Luhut mengatakan pendekatan agama ini lebih efektif mengingat Indonesia yang mayoritas berpenduduk Muslim.

"Kita nggak mau kaya Amerika yang mengedepankan perang. Kita mau ini ada pendekatan agama," ujar Luhut di Kantornya, Rabu (2/12).

Luhut mengatakan pendekatan agama dan budaya jauh lebih berbudaya dan meminimalkan terjadinya korban jiwa. Ia tak mau jika Indonesia harus perang karena ini juga akan menghabiskan energi.

Ia mengatakan, jika memang harus perang maka hal tersebut merupakan pilihan terakhir dari segala cara yang tidak bisa ditembus. Negara baru akan menyatakan perang terhadap ISIS jika kondisi memang sudah benar-benar genting.

Luhut mengaku pihaknya bersama BIN, Polri dan TNI sudah melakukan pemetaan terkait jaringan ISIS di Indonesia. Luhut mengatakan ada target-target tertentu yang menjadi antisipasi para pasukan pengamanan. Ia mengatakan saat ini ia bersama TNI/Polri juga sudah mulai melihat dan mengikuti pergerakan para jaringan ISIS ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement