Kamis 24 Sep 2015 20:27 WIB

Taman Nasional Gunung Merapi Terbakar

Gunung Merapi
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Gunung Merapi

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, terbakar mulai Rabu (23/9) sekitar pukul 18.00 WIB.

"Hingga Kamis sore kebakaran di kawasan hutan Gunung Merapi masih berlangsung," kata Kepala Seksi Wilayah I Balai TNGM, Nurpana Sulaksono di Magelang, Kamis (24/9).

Ia mengatakan kebakaran terjadi di Blok Gunungpasir, Desa Ngablak, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang yang berada pada ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan air laut (mdpl). Menurut dia kawasan yang terbakar meliputi semak-semak dan sebagian pohon yang ditanam sebagai upaya restorasi kawasan Gunung Merapi pada 2012-2013.

Ia menuturkan luasan hutan yang terbakar sekitar 80 hektare. Api berpotensi terus meluas apalagi jika terjadi angin kencang. "Pemadaman dilakukan oleh sekitar 200 orang, gabungan dari personil Balai TNGM, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Polri, TNI, komunitas-komunitas pecinta alam, dan warga sekitar," katanya. Ia mengatakan penyebab kebakaran kawasan Merapi tersebut belum diketahui.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement